The Crystal Hall: Inovasi Desain Interior Berkelanjutan oleh Thomas Abraham

Merangkum Nilai-nilai Universal dalam Desain Vernakular India

Terinspirasi oleh kondisi iklim Bumi dan status penduduk termiskin, The Crystal Hall adalah desain yang berfungsi sebagai alat untuk perubahan sosial dan lingkungan. Dibuat oleh Thomas Abraham, desain ini bukan hanya petualangan estetika, tetapi juga alat untuk mendaur ulang dan menggunakan kembali material modern dengan cara yang berkelanjutan dan terjangkau.

Thomas Abraham membuat misi untuk mempekerjakan orang-orang yang disebut "tidak dapat dipekerjakan" dari kalangan orang berkulit hitam yang tertindas di India. The Crystal Hall adalah bangunan yang mencerminkan nilai-nilai manusia universal, namun tetap spesifik budaya, terinspirasi oleh desain vernakular India.

The Crystal Hall mengintegrasikan keberlanjutan, mendaur ulang material, dan menggunakan talenta lokal yang kurang beruntung. Kaca adalah material modern yang dapat didaur ulang tanpa henti tanpa kehilangan kualitas atau kejernihan, menciptakan kondisi bioklimatik yang mengatasi perubahan iklim. Bangunan ini mengikuti kebijakan nol limbah dan merupakan contoh desain yang bertanggung jawab secara sosial.

Struktur bangunan ini terdiri dari campuran kaca, kolom MS, dan beton yang dicetak di tempat. Kaca, yang sering dianggap tidak cocok untuk iklim tropis, sebenarnya adalah salah satu material paling ramah lingkungan. Kaca dapat didaur ulang tanpa henti tanpa kehilangan kualitas atau kejernihan dan terbuat dari pasir, salah satu sumber daya yang paling melimpah. Kaca menciptakan kondisi bioklimatik yang mengatasi perubahan iklim sambil menggunakan material modern yang sadar budaya, emosi, dan ekologi.

Terletak di Bangalore, India, The Crystal Hall dibangun selama lima tahun, dari 2014 hingga 2019. Selain mengintegrasikan keberlanjutan, mendaur ulang material, dan menggunakan talenta lokal yang kurang beruntung, arsitek memastikan setiap ruang proyek dikurasi untuk mencerminkan apa yang telah dialami secara religius, budaya, dan geografis oleh klien. Bangunan ini memiliki menara kincir angin perumahan pertama di dunia, penggunaan dua lapis kaca daur ulang berkinerja tinggi dengan spesies vegetasi non-invasif di dalam teknologi isolasi termal, dan pemanfaatan air hujan, sehingga menciptakan bangunan glocal (global dan lokal).

The Crystal Hall, yang terletak di Bangalore, India, dirancang sebagai tempat tinggal pribadi yang menggabungkan konsep arsitektur vernakular dengan material dan teknologi modern. Dikelilingi oleh kebun, bangunan ini berusaha untuk menjalin hubungan antara manusia dan alam. Dengan dinding putih dan interior kaca, fokusnya adalah menjaga ruang tetap tidak berantakan dan minimalis. Semua material yang digunakan didaur ulang dari kelebihan selama konstruksi, memastikan hampir tidak ada limbah. Dirancang untuk sadar lingkungan, bangunan ini menyediakan isolasi termal, visual, dan pendengaran, sambil tetap setia pada filosofi estetiknya.

Desain ini dianugerahi Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2022. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan keterampilan kreatif. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: THOMAS ABRAHAM
Kredit Gambar: Image #1: Sandeep Image #2: Rashmi Srinivasan Image #3: Dullu Image #4: Rashmi Srinivasan Image #5: Sandeep
Anggota Tim Proyek: Thomas Abraham Diana Jacil Prakash Saad Pasha
Nama Proyek: The Crystal Hall
Klien Proyek: THOMAS ABRAHAM


The Crystal Hall IMG #2
The Crystal Hall IMG #3
The Crystal Hall IMG #4
The Crystal Hall IMG #5
The Crystal Hall IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang