KIBA Tokyo Residence: Membangun Kembali Lanskap Klasik Tokyo

Proyek Arsitektur Eisuke Yamazaki yang Menggabungkan Nilai Baru dan Warisan Budaya

Di tengah perkotaan Tokyo, sebuah proyek arsitektur berusaha untuk membangun kembali lanskap klasik Jepang yang telah hilang akibat modernisasi kota. Proyek ini, yang dikenal sebagai KIBA Tokyo Residence, adalah hasil karya Eisuke Yamazaki yang memadukan nilai-nilai baru dan warisan budaya dalam desainnya.

Proyek KIBA Tokyo Residence adalah upaya untuk merekonstruksi sebuah bangunan perumahan kecil di lahan sempit di Tokyo. Dengan beradaptasi pada berbagai gaya hidup dan meningkatkan nilai tambah bangunan, Eisuke Yamazaki menciptakan berbagai ruang dengan menggunakan pengecualian gaya rumah tinggal maisonnette dalam hukum standar bangunan. Bangunan ini dirancang selaras dengan situs bersejarah yang dikenal karena penjualan kayu, mencoba menciptakan nilai dan gaya hidup baru dari dalam, dan menunjukkan warisan budaya dan sejarah dari luar.

Proyek ini menggunakan teknologi realisasi desain berupa beton bertulang dan Louver Kayu. Fungsinya sebagai tempat tinggal dan toko ritel, dengan skala tujuh lantai dan struktur beton bertulang. Meskipun ukuran bangunan kecil, berbagai jenis perumahan dibangun bersama, sehingga menciptakan komunitas yang baik di tempat tinggal di kota.

Proyek ini dimulai pada tahun 2016 dan selesai pada tahun 2019. Dalam proses desainnya, Eisuke Yamazaki berusaha menjelajahi kemampuan tempat tinggal kecil yang menarik di lahan kecil di pusat Tokyo. Dia juga berusaha menciptakan kembali lanskap Edo Tokyo Kiba yang telah hilang.

Dari sudut pandang desain struktural, tantangan terbesar adalah mewujudkan konstruksi bangunan beton bertulang tujuh lantai dengan empat kolom di lahan kecil dan tanah yang rapuh. Sedangkan dalam hal detail Louver Kayu, yang memiliki panjang sekitar tiga meter dan terletak di ketinggian dua puluh tiga meter (maksimum), didukung hanya dengan memperbaiki ujung atas dan bawah dengan mempertimbangkan tekanan angin dan kapasitas beban.

KIBA Tokyo Residence telah memenangkan penghargaan A' Design Award kategori Iron dalam bidang Arsitektur, Bangunan dan Desain Struktur pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Proyek ini adalah contoh bagaimana arsitektur dapat berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan kembali lanskap dan warisan budaya yang telah hilang. Dengan pendekatan yang inovatif dan berfokus pada nilai-nilai baru dan warisan budaya, KIBA Tokyo Residence menunjukkan bagaimana arsitektur dapat berperan dalam menciptakan kembali lanskap kota dan memperkaya kehidupan di perkotaan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Eisuke Yamazaki
Kredit Gambar: Photo: Koji Fujii (Nacasa & Partners Inc.) Photo: Yuichi Higurashi
Anggota Tim Proyek: Eisuke Yamazaki Toshio Yoshikawa Hiroshi Sakaguchi
Nama Proyek: KIBA Tokyo Residence
Klien Proyek: Eisuke Yamazaki


KIBA Tokyo Residence IMG #2
KIBA Tokyo Residence IMG #3
KIBA Tokyo Residence IMG #4
KIBA Tokyo Residence IMG #5
KIBA Tokyo Residence IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang