Sseuim: Kursi Inovatif untuk Sauna Korea

Desain yang Menggabungkan Keunikan Budaya dan Alam

Oleh: [Nama Anda]

Sseuim, yang berarti "menggunakan dengan bebas" dalam bahasa Korea, adalah sebuah desain kursi yang dapat membantu dalam berbagai posisi yang dilakukan di sauna Korea. Dengan kursi ini, pengguna dapat mengalami berbagai posisi seperti berbaring, duduk, bersandar, dan tidur sesuai dengan keinginan dan tujuan mereka. Kursi ini memberikan ruang pribadi di dalam ruang terbuka yang disebut sauna Korea. Desain ini menggabungkan karakteristik spasial dari sauna Korea dengan karakteristik konvergensi dari berbagai budaya dan elemen-elemen alam seperti pegunungan dan batu.

Kursi Sseuim memiliki keunikan yang membedakannya dari desain kursi lainnya. Kursi ini sangat berguna di sauna dan spa. Kursi ini memungkinkan posisi berbaring, duduk, dan bersandar, yang merupakan posisi bebas yang terjadi di spa di Korea. Di tengah panasnya sauna dan spa, kursi ini memberikan rasa keseimbangan dalam bentuk pegunungan dan batu alami.

Untuk mewujudkan desain ini, desainer Kihyun Ahn menggunakan teknik-teliti kayu Korea. Selain itu, bagian-bagian kursi dipisahkan menggunakan mesin CNC dan digabungkan untuk menghasilkan hasil akhir. Proses produksi ini dilakukan melalui proses yang sangat sulit, menggabungkan teknologi kerajinan tradisional dan teknologi modern.

Kursi Sseuim memiliki spesifikasi teknis sebesar 2300mm x 850mm x 650mm, dan desain ini telah dipamerkan di Korea Craft Trend Fair setelah proyek ini dimulai di kota Gongju, Korea pada Maret 2021 dan selesai pada Desember 2021.

Desain kursi ini didasarkan pada penelitian yang mendalam. Sauna di seluruh dunia memiliki berbagai jenis. Di antara mereka, orang-orang di sauna Korea beristirahat dalam berbagai posisi. Desain kursi ini dilakukan untuk memungkinkan berbagai posisi di sauna yang panas dan memberikan istirahat yang sempurna. Untuk penelitian ini, kami mengunjungi berbagai sauna untuk menyelidiki sikap orang-orang dan bertanya tentang jenis istirahat apa yang akan mengisi energi mereka melalui survei. Berdasarkan hasil ini, pegunungan dan batu alami Korea dihadirkan ke dalam sauna. Bentuknya ditambahkan dengan fungsi yang dapat menampung semua posisi.

Proses menangkap identitas nasional Korea adalah yang paling sulit, dan di antara mereka, proses penelitian untuk menangkap estetika Korea sebagai desainer adalah yang paling sulit. Sulit untuk menemukan bentuk yang cocok untuk ruang Korea sambil tetap menjaga sandaran punggung dan posisi bersandar secara ergonomis pada sudut yang nyaman.

Desain kursi Sseuim telah diakui dengan penghargaan Bronze di A' Furniture Design Award 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Kursi Sseuim adalah sebuah inovasi yang menggabungkan keunikan budaya dan alam. Dengan desainnya yang ergonomis dan fungsional, kursi ini memberikan pengalaman istirahat yang nyaman dan memuaskan di sauna Korea. Desain ini adalah contoh sempurna bagaimana seni, arsitektur, desain, inovasi, dan teknologi dapat mempengaruhi gaya hidup kita.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Kihyun Ahn
Kredit Gambar: Kihyun Ahn
Anggota Tim Proyek: Ahn Kihyun, Lee yechan, Choi jun hyun
Nama Proyek: Sseuim
Klien Proyek: Kihyun Ahn


Sseuim IMG #2
Sseuim IMG #3
Sseuim IMG #4
Sseuim IMG #5
Sseuim IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang