G and B: Ruang Kerja Multifungsi dengan Sentuhan Oriental

Desain oleh Mu-Chin Chiang

Proyek ini terletak di gedung kantor butik di zona pengembangan cepat Kota New Taipei. Sebagai permata tersembunyi dan pusat multifungsi di tengah hiruk-pikuk beton, rencana ini memperhatikan utilitas ruang, baik dalam hal privasi maupun kedekatan, perpaduan artistik dan pragmatis dengan sentuhan oriental. Hitam, terlihat dari lantai yang dipenuhi marmer, adalah simbol air dalam filsafat Wu-Xing Tiongkok, yang membawa aliran energi semesta dan mengumpulkan keberuntungan. Aliran urat marmer menyusupkan konotasi filosofis ke seluruh ruang.

Terinspirasi oleh generasi digital dan pergeseran paradigma dalam aktivitas bisnis, hubungan bisnis telah berkembang dari kolaborasi formal menjadi kemitraan yang intim. Pertemuan tidak lagi hanya untuk tujuan komersial, tetapi juga sebagai cara interaksi sosial dan pernyataan identitas perusahaan.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, tata letaknya menghindari penggunaan dinding sebisa mungkin. Warna lantai membagi-bagi bagian depan dan area dalam; selanjutnya, layar kaca membagi-bagi ruang menjadi kantor, ruang rapat, dan ruang lounge konsep terbuka, memudarkan batas antar area. Sementara marmer dan lapisan kayu dipasang dari lantai hingga dinding, layar pintu masuk dapat berputar dan berubah arah, bercampur dengan bahan kaca, logam, batu, kayu, dan bentuk lengkung. Pita logam menunjukkan arah, mengarah ke area yang dibutuhkan.

Dengan luas konstruksi 100 meter persegi, tata letaknya direncanakan menjadi 4 bagian untuk tujuan yang berbeda: kantor supervisor, area rapat terbuka, area rapat pribadi, dan ruang lounge untuk mengadakan acara, tanpa memberikan kesan berantakan.

Terletak di lantai gedung kantor butik di zona pengembangan cepat, dengan luas kurang dari 100 meter persegi, rencana ini terdiri dari ruang rapat dan ruang lounge terbuka, yang mencakup multifungsi untuk koneksi sosial dan keberagaman bisnis tanpa memberikan kesan berantakan. Latar belakang yang dipenuhi marmer dengan warna-warna dalam yang diberi aksen emas dan pencahayaan yang hangat, menciptakan suasana oriental yang santai namun mewah. Kubikel transparan yang melengkung memperluas visualitas yang luas, menenangkan saraf dan stres selama pertemuan, memenuhi kebutuhan privasi dan kedekatan, artistik dan pragmatis.

Desain ini memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022 untuk Kategori Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, dan menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mu-Chin Chiang
Kredit Gambar: Andy's Photography
Anggota Tim Proyek: Mu-Chin Chiang
Nama Proyek: G and B
Klien Proyek: Mu-Chin Chiang


G and B IMG #2
G and B IMG #3
G and B IMG #4
G and B IMG #5
G and B IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang