WellPaper: Aplikasi Wallpaper Kreatif untuk Meningkatkan Kesejahteraan Digital

Personalisasi Layar Ponsel Anda dengan Gaya

Di tengah pandemi, penggunaan layar semakin meningkat, terutama pada perangkat seluler. Bersamaan dengan itu, penggunaan alat-alat untuk kesejahteraan digital seperti Insight AOD atau Zen Mode yang sebelumnya dibangun oleh OnePlus juga mengalami peningkatan. Sistem operasi Android dan iOS keduanya memiliki bagian kesejahteraan digital mereka sendiri, tetapi dari penelitian pengguna, kami menemukan bahwa pengguna jarang menggunakan alat-alat bawaan ini karena mereka tersembunyi di pengaturan - tempat yang jarang dikunjungi - dan grafik serta daftar yang kurang menarik. Kami berfokus pada dua kebutuhan pengguna yang semakin meningkat dalam proyek ini: 1. Untuk mendukung kebutuhan pengguna smartphone yang semakin meningkat terhadap personalisasi perangkat. Karena wallpaper dihasilkan dari data pengguna sendiri, ini memiliki hubungan pribadi yang kuat dan berbeda (hampir) setiap kali mereka membuka kunci perangkat mereka. 2. Untuk membantu pengguna smartphone memahami dan mengelola waktu layar harian mereka dengan cara yang mudah. Wallpaper ini mengandung banyak informasi dan tidak memerlukan pengguna untuk pergi ke bagian "Kesejahteraan Digital" yang tersembunyi di pengaturan sistem. Kami juga mempelajari pesaing di pasar. Ini termasuk aplikasi kesejahteraan digital bawaan di iOS dan Android, serta alat pihak ketiga seperti "Activity Bubbles" dan "Screen Stopwatch" oleh Google Creative Lab. Kami belajar bahwa solusi kami perlu akurat, memberikan cukup detail namun mudah dipahami, dan mendukung kebutuhan yang semakin meningkat untuk personalisasi perangkat. Berdasarkan pengalaman kami sebelumnya dalam membangun Insight AOD dan Zen Mode, kami berpikir bahwa wallpaper bisa menjadi media yang diinginkan untuk memenuhi semua persyaratan tanpa mengganggu.

WellPaper adalah aplikasi seluler yang menampilkan waktu layar dan penggunaan smartphone pengguna melalui lima wallpaper kreatif dan dinamis. Alat pemantauan waktu layar yang ada terasa membosankan dan tidak menginspirasi pengguna, atau tersembunyi dalam pengaturan, memberikan pengguna sedikit alasan untuk kembali menggunakan informasi tersebut. WellPaper mengorganisir semua aplikasi yang diinstal ke dalam enam kategori dan melacak waktu layar mereka, memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan dan memahami kebiasaan smartphone sehari-hari mereka dengan cara yang estetis langsung di layar utama.

Pengguna dapat memilih dari 5 desain wallpaper yang khas:

1. Composition - Terinspirasi oleh "Composition No. II" karya Piet Mondrian, desain yang penuh dengan data ini terdiri dari berbagai ubin yang terus-menerus berubah berdasarkan penggunaan aplikasi.

2. Glow - Desain cyberpunk dengan enam cincin neon yang semakin tebal ketika Anda mendekati target waktu layar harian.

3. Radial - Gradien warna lembut dan halus pada kanvas putih, untuk mereka yang menghargai gaya desain minimalis.

4. Cosmos - Desain tema gelap dengan tata surya, wallpaper ini menampilkan 6 planet yang terus berubah berdasarkan waktu layar dari 6 kategori.

5. Botanical garden - Terinspirasi oleh lukisan "Tulips 4" karya Alex Katz, desain bunga yang menenangkan ini membiarkan kesejahteraan digital pengguna berkembang.

Hiasi layar utama Anda sambil meningkatkan kesejahteraan digital Anda dengan WellPaper.

Setelah penelitian pengguna dan analisis pesaing, tim desain aktif mencari inspirasi dari berbagai sumber untuk memuaskan selera berbeda pengguna Android. Mulai dari menganalisis aplikasi wallpaper populer di Play Store, melihat film dan game yang sedang tren, hingga mengunjungi museum di New York City termasuk MoMA dan MET, kami telah menemukan delapan arah yang khas. Kami mengirimkan konsep desain ke komunitas pengujian OnePlus dan karyawan internal untuk mendapatkan umpan balik, dan akhirnya memilih tiga konsep, yaitu Composition, Glow, dan Radial untuk dikembangkan pada musim pertama, serta Cosmos dan Botanical Garden untuk musim kedua.

Pada saat yang sama, kami merancang aplikasi seluler. Berperan sebagai peran pendukung, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menjelajahi berbagai wallpaper, memahami interaksi mereka, melihat daftar komprehensif waktu layar aplikasi, atau bahkan mengatur target waktu layar harian mereka. Untuk memiliki keunggulan dalam kekayaan fitur, desain visual wallpaper, dan kustomisasi pengguna dibandingkan dengan pesaing, kami mengadakan beberapa sesi pengujian kegunaan untuk memvalidasi desain dan mengunggah aplikasi ke Play Store untuk umpan balik pengguna tambahan dan laporan bug. Pada tahap akhir, kami menambahkan fitur-fitur yang sangat diminta termasuk mengubah kategori aplikasi dan mengatur aplikasi yang diunduh dari sumber lain ke dalam kategori, dan terus mengembangkan desain visual untuk sesuai dengan Panduan Desain Material terbaru.

Konsumsi baterai yang tinggi selalu menjadi kekhawatiran utama bagi pengguna wallpaper hidup. Untuk mengatasi kekhawatiran ini, WellPaper menggunakan waktu layar dari enam kategori aplikasi untuk menghitung dan merender wallpaper statis, kemudian memperbarui wallpaper tersebut setiap kali membuka kunci daripada selalu berjalan di latar belakang. Ada juga batasan frekuensi lima menit untuk menghindari membuka kunci yang sering. Dengan cara ini, WellPaper dapat memberikan keuntungan visual dari wallpaper dinamis, tetapi mengurangi konsumsi baterai secara signifikan hingga tingkat yang hampir sama dengan wallpaper statis.

WellPaper adalah aplikasi yang inovatif dan unik dalam memenuhi kebutuhan pengguna akan personalisasi perangkat dan pemahaman yang lebih baik tentang kebiasaan penggunaan smartphone mereka. Dengan lima desain wallpaper yang menarik dan dinamis, pengguna dapat mempercantik layar utama mereka sambil meningkatkan kesejahteraan digital mereka.

Sumber Gambar: ONEPLUS USA Corp.

Penghargaan dan Pengakuan: WellPaper memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022, kategori Aplikasi dan Perangkat Lunak Teknologi Seluler. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menghadirkan pengalaman dan kecerdasan yang otentik. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jay Qian
Kredit Gambar: ONEPLUS USA Corp.
Anggota Tim Proyek: Mingxiao Hu Yichen Wang Soojin Park Jie Qian MinYen Hsieh Sam Twist Andi Lawley Avinash Chitturi Sagare Chetan Basawaraj
Nama Proyek: WellPaper
Klien Proyek: Jay Qian


WellPaper IMG #2
WellPaper IMG #3
WellPaper IMG #4
WellPaper IMG #5
WellPaper IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang