Scotsman: Skuter Listrik Terhubung Pertama dengan Bahan Serat Karbon 3D Cetak

Skuter Listrik Inovatif yang Menggabungkan Kekuatan dan Keindahan

Di tengah pandemi global, orang-orang semakin mencari moda transportasi pribadi, nyaman, dan ramah lingkungan. Namun, sebagian besar skuter yang ada entah terlalu besar dan berat, atau terlalu ringan dan rapuh, dengan daya yang lemah dan jarak tempuh yang pendek. Scotsman hadir sebagai jawaban yang diidamkan: moda transportasi hijau yang tidak mengorbankan kekuatan, jarak tempuh, portabilitas, atau estetika.

Scotsman adalah skuter pertama dengan rangka yang dicetak 3D dari komposit serat karbon, menghasilkan struktur yang kuat, ringan, efisien, dan estetis. Scotsman mendorong batasan apa yang dapat dimasukkan dalam sebuah skuter: sistem penyerap kejut daun pegas serat karbon dan fitur pintar terintegrasi untuk perjalanan yang halus dan nyaman tanpa sistem yang besar atau kabel eksternal. Berkat rangka yang lebih ringan dan terintegrasi, Scotsman dapat menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh, daya menanjak yang lebih tinggi (dibandingkan dengan skuter dengan motor dan baterai yang sama) sambil tetap kokoh dan mudah dibawa.

Seluruh rangka Scotsman terbuat dari komposit serat karbon termoplastik, termasuk setang, batang penyangga, garpu, papan dasar, suspensi, tempat baterai, dan struktur pendukung lainnya. Sebagai hasilnya, Scotsman adalah skuter berukuran penuh dengan kekuatan kendaraan listrik kinerja tinggi, namun tetap ringan dan mudah dibawa seperti skuter yang lebih kecil dan daya rendah. Rangka ini dicetak 3D dalam satu proses untuk desain yang ramping, namun juga dirancang untuk integrasi yang mulus dengan fitur pintar.

Spesifikasi teknis Scotsman mencakup daya 2000W (atau 1000W) dengan motor ganda, berat 20kg, baterai 700Wh, jarak tempuh maksimum 70km, kecepatan maksimum 73km/jam (atau 50km/jam pada model 1000W), dan kemampuan menanjak maksimum 50% - 27 derajat (atau 35% - 20 derajat pada model 1000W).

Scotsman dapat terkunci dan terbuka secara otomatis ketika pemiliknya mendekat atau menjauh, berkat koneksi Bluetooth dengan aplikasi Scotsman. Kamera depan ultra wide angle 1080p yang dipasang di setang dapat mengambil foto saat sedang berkendara atau berkolaborasi dengan GPS untuk membantu pemilik menemukan skuter mereka. Panel LCD menampilkan tingkat baterai, kecepatan, mode berkendara, navigasi berbasis giliran, jarak yang telah ditempuh, dan jarak yang tersisa. Aplikasi ini juga memungkinkan pemilik mengatur kecepatan maksimum dan memilih mode berkendara.

Scotsman diluncurkan melalui kampanye crowdfunding selama 3 bulan yang dimulai pada bulan Mei 2021 dan selesai pada bulan Agustus 2021 dengan total dana sebesar 600.000 dolar AS.

Pada saat mengembangkan Scotsman, kami menyadari bahwa pasar skuter listrik yang ada didominasi oleh komponen yang sudah ada. Oleh karena itu, kami berinvestasi secara besar-besaran untuk membuat semua komponennya terintegrasi dengan baik. Hasilnya adalah skuter tanpa kompromi: memiliki jarak tempuh yang jauh namun tetap ringan dan cepat; perjalanan yang kokoh namun juga estetis, dapat dilipat, dan mudah dibawa.

Tantangan terbesar adalah mendefinisikan elemen-elemen menarik, seperti lengkungan di roda belakang, lampu terintegrasi, dan lipatan di setang, yang semuanya membutuhkan keseimbangan antara kelayakan, estetika, dan fungsi. Fitur-fitur ini semua unik untuk proses manufaktur pencetakan 3D Scotsman.

Scotsman adalah skuter serat karbon terhubung sepenuhnya pertama di dunia. Dengan rangka yang dicetak 3D dari komposit serat karbon termoplastik, Scotsman tidak hanya menawarkan kekuatan dan keandalan, tetapi juga menjadi pemimpin kategori baru dalam transportasi premium, bergaya, dan ramah lingkungan.

Scotsman telah meraih Penghargaan Perak dalam A' Vehicle, Mobility and Transportation Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Scotsman, dengan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang menakjubkan, menghadirkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan membangkitkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Arevo
Kredit Gambar: Arevo
Anggota Tim Proyek: Branch Creative
Nama Proyek: Scotsman
Klien Proyek: Arevo


Scotsman IMG #2
Scotsman IMG #3
Scotsman IMG #4
Scotsman IMG #5
Scotsman IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang