Wandering: Aplikasi Psikologi untuk Mengatasi Kecemasan

Desain Inovatif oleh WeiLong Gao

Dalam masyarakat yang semakin stres, banyak orang mengalami kecemasan atau berbagai gangguan mental. Wandering bertujuan untuk membantu orang meredakan emosi negatif seperti kecemasan melalui pendekatan gamifikasi yang ringan. Wandering adalah konsep baru dalam aplikasi psikologi yang berpotensi membantu semua orang menghilangkan negativitas dan menemukan jalan menuju kehidupan yang lebih baik.

Dengan tekanan yang semakin meningkat dari masyarakat dan tempat kerja, semakin banyak orang merasa cemas dan terjebak dalam depresi dalam waktu yang lama. Wandering berharap dapat mengatasi masalah ini melalui pengalaman bermain game yang ringan. Wandering membawa pengguna ke dalam dunia spiritual mereka sendiri. Pengguna mendapatkan umpan balik positif dan panduan dengan menjelajahi dunia spiritual mereka sendiri. Dengan demikian, secara bertahap mengarahkan pengguna untuk mendapatkan sikap yang lebih positif terhadap kehidupan.

Pada tahap awal desain, kami melakukan brainstorming, mind mapping, wawancara, dan sebagainya. Dalam tahap realisasi proyek, kami menggunakan Photoshop, Illustrator, After Effects, Figma, dan Blender.

Wandering dirancang untuk sistem iOS. Aplikasi ini menawarkan pengalaman bermain game yang ringan dengan fokus pada psikologi dan kecemasan. Pengguna akan memilih karakter spiritual mereka sendiri dan memulai perjalanan spiritual untuk mengatasi kecemasan. Setiap hari, pengguna akan mencatat perasaan mereka dan mendapatkan umpan balik yang sesuai untuk membantu mereka memandang masalah dari sudut pandang yang berbeda dan membentuk sikap yang positif. Selama perjalanan, pengguna akan bertemu dengan kata-kata dorongan dari teman-teman yang mengalami situasi serupa. Setelah mencapai hasil tertentu, pengguna dapat melangkah ke area berikutnya dan melanjutkan perjalanan mereka. Selain itu, Wandering juga menyediakan fungsi meditasi untuk membantu pengguna merilekskan pikiran mereka.

Proyek ini dimulai pada September 2021 dan selesai pada Januari 2022 di Shanghai. Sebelum merancang Wandering, kami melakukan penelitian mendalam dan wawancara dengan kelompok yang menderita kecemasan dan depresi dalam waktu yang lama. Kami menemukan bahwa sebagian besar aplikasi psikologi saat ini sulit untuk mengatasi kecemasan dalam jangka panjang. Mengatasi emosi negatif membutuhkan bimbingan diri dan bimbingan eksternal dalam jangka panjang. Oleh karena itu, kami ingin memecahkan masalah ini melalui permainan perjalanan.

Stres sosial adalah topik yang besar di negara berkembang. Banyak orang muda sering merasa cemas dan mengalami masalah psikologis. Pandemi Covid-19 juga memperburuk situasi ini. Tim desain menggabungkan gamifikasi ringan ke dalam desain Wandering. Pengguna memiliki karakter permainan untuk menjelajahi dunia mental mereka. Perjalanan pengguna melalui dunia mental dapat mengurangi kecemasan dan mendapatkan dorongan dari pengguna lain. Wandering dapat meredakan kecemasan orang muda dan merupakan proyek aplikasi dengan potensi besar. Tim desain percaya bahwa aplikasi ini dapat membantu masyarakat.

Hak cipta oleh Weilong Gao, 2022.

Wandering telah meraih penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2022 kategori Mobile Technologies, Applications and Software Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: WeiLong Gao
Kredit Gambar: WeiLong Gao
Anggota Tim Proyek: WeiLong Gao, SuWan Chen, QiYuan An, KeXin Huang, XiaoWei Rong, QiuTong Yu
Nama Proyek: Wandering
Klien Proyek: WeiLong Gao


Wandering IMG #2
Wandering IMG #3
Wandering IMG #4
Wandering IMG #5
Wandering IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang