Ren Community: Galeri Seni yang Menggabungkan Arsitektur dan Alam

Desain Galeri yang Unik dan Inspiratif oleh Wei Zhou

Desain Galeri yang Menggabungkan Arsitektur dan Alam

Galeri seni adalah tempat yang memadukan keindahan seni dengan keunikan arsitektur. Ren Community Art Gallery, yang dirancang oleh Wei Zhou, adalah contoh sempurna dari desain yang menggabungkan elemen-elemen alam dengan arsitektur yang indah. Dalam filosofi arsitektur, elemen-elemen alam digunakan untuk mengintegrasikan arsitektur dengan alam. Galeri ini dirancang sebagai ruang yang introvert dengan tidak ada jalan yang ramai terlihat, namun cahaya alami yang masuk melalui atap memberikan suasana yang sakral.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah struktur spasialnya yang terbagi menjadi tiga ruang: depan, tengah, dan belakang. Berbagai ruang tersebut saling terhubung dan mengalir satu sama lain, membentuk ruang-ruang ambigu yang beragam. Melalui perubahan tinggi dan penutupan, desain ini memberikan ritme spasial yang menarik.

Seluruh galeri ini dilapisi dengan semen putih mikro sehingga terlihat visual murni. Dengan berbagai ruang dan aliran cahaya alami, galeri ini tampak murni namun beragam. Ukuran galeri ini adalah 13m x 4.2m x 5.4m, memberikan pengalaman ruang yang luas bagi pengunjung.

Desain ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang tenang di tengah keramaian kota. Oleh karena itu, desain ini lebih fokus pada ruang interior dan memiliki sedikit hubungan dengan luar. Inspirasi desain ini datang dari seniman Yves Klein dan arsitek Jepang Tadao Ando. Warna biru Klein yang dalam dan murni diaplikasikan dalam desain galeri ini untuk memberikan ruang tersebut kehidupan yang khas. Filosofi desain Tadao Ando yang menghubungkan manusia dengan alam dan masyarakat juga memberikan inspirasi yang mendalam dalam desain ini.

Ren Community Art Gallery terletak di Wulinli Pocket Park, Xiaofeng Road, Hangzhou, China. Proyek ini selesai pada tahun 2021 dan telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini juga diakui karena mengaplikasikan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Wei Zhou
Kredit Gambar: Image #1: Zhang Jianing - Hanmo photograph, Ren Community Art Gallery, 2021 Optional Image #1: Zhang Jianing - Hanmo photograph, Ren Community Art Gallery, 2021 Optional Image #2: Zhang Jianing - Hanmo photograph, Ren Community Art Gallery, 2021 Optional Image #3: Zhang Jianing - Hanmo photograph, Ren Community Art Gallery, 2021 Optional Image #4: Zhang Jianing - Hanmo photograph, Ren Community Art Gallery, 2021
Anggota Tim Proyek: Xin Bu
Nama Proyek: Ren Community
Klien Proyek: Wei Zhou


Ren Community IMG #2
Ren Community IMG #3
Ren Community IMG #4
Ren Community IMG #5
Ren Community IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang