Casa Acqua: Inovasi Arsitektur untuk Gaya Hidup Berkelanjutan

Mengintegrasikan Alam dan Inovasi dalam Hunian Modern

Cristina Menezes, seorang desainer terkenal, telah menciptakan Casa Acqua, sebuah rumah tinggal yang menggabungkan keindahan alam dengan inovasi arsitektur. Dengan fokus pada keberlanjutan dan kesehatan, Casa Acqua menawarkan solusi unik bagi mereka yang ingin hidup dengan gaya hidup yang lebih baik.

Casa Acqua terinspirasi oleh rumah pertama di zaman Romawi yang memiliki tata letak berbentuk huruf O dengan halaman dalam yang memungkinkan integrasi visual semua ruangan. Menezes mengadaptasi konsep ini dengan menggunakan empat modul yang terpisah dengan halaman dalam, dikelilingi oleh kolam air yang melambangkan air mancur pusat. Semua modul sepenuhnya terbuka untuk memastikan penggunaan ventilasi dan pencahayaan alami. Penggunaan tenda vertikal digunakan untuk menjaga privasi.

Keunikan Casa Acqua terletak pada pendekatan berkelanjutan yang diusungnya. Penggunaan modul pra-pabrikasi mengurangi dampak konstruksi terhadap alam, serta memperpendek waktu dan biaya pembangunan. Casa Acqua juga dirancang agar sepenuhnya terbuka, sehingga terjadi integrasi penuh dengan area luar.

Dengan total luas dua ratus sepuluh meter persegi termasuk kolam airnya, Casa Acqua dirancang untuk pasangan muda yang ingin tinggal dalam kontak langsung dengan alam, penuh cahaya dan ventilasi alami di tengah pandemi yang sedang berlangsung di Brasil.

Proyek Casa Acqua dimulai pada Mei 2021 dan selesai dibangun pada September 2021 di Belo Horizonte, Minas Gerais, Brasil. Desain ini merupakan hasil dari penelitian yang mendalam tentang kebutuhan hidup yang lebih baik dan sehat di rumah, terutama di negara dengan iklim tropis kering seperti Brasil.

Tantangan utama dalam merancang Casa Acqua adalah menemukan solusi yang tepat untuk menutup rumah tanpa menggunakan bingkai kaca. Klien menginginkan ventilasi dan pencahayaan alami yang maksimal dengan integrasi penuh dengan area luar. Untuk menjaga privasi dan perlindungan dari sinar matahari, hujan, serangga, dan angin kencang, digunakan kaca vertikal dan tenda yang mampu menutup hingga 95%. Dengan solusi ini, Casa Acqua berhasil memenuhi prinsip-prinsip keberlanjutan dan menciptakan rumah yang sehat di masa pandemi tanpa menggunakan AC.

Casa Acqua adalah contoh nyata bagaimana arsitektur dapat berperan dalam menciptakan perubahan positif di dunia. Dengan menggabungkan keindahan alam, inovasi arsitektur, dan keberlanjutan, Casa Acqua memberikan inspirasi dan solusi bagi mereka yang ingin hidup dengan gaya hidup yang lebih baik dan sehat.

Sumber Gambar: - Gambar Utama: Fotografer Jomar Bragança, 2021 - Gambar #1: Fotografer Jomar Bragança, 2021 - Gambar #2: Fotografer Jomar Bragança, 2021 - Gambar #3: Fotografer Jomar Bragança, 2021 - Gambar #4: Fotografer Jomar Bragança, 2021 - Video: Estudio NY18, 2021

Penghargaan dan Pengakuan: Desain ini memenangkan A' Design Award dalam kategori A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, mengesankan, dan mengilustrasikan keahlian serta inovasi yang luar biasa. Casa Acqua, dengan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, memberikan keajaiban dan kekaguman.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Cristina Menezes
Kredit Gambar: Main Image: Photographer Jomar Bragança,2021 Image #1: Photographer Jomar Bragança,2021 Image #2: Photographer Jomar Bragança,2021 Image #3: Photographer Jomar Bragança,2021 Image #4: Photographer Jomar Bragança,2021 Vídeo: Estudio NY18,2021
Anggota Tim Proyek: Jackie Kelly; Isabella Gallegos; Roberta Antunes.
Nama Proyek: Casa Acqua
Klien Proyek: Cristina Menezes


Casa Acqua IMG #2
Casa Acqua IMG #3
Casa Acqua IMG #4
Casa Acqua IMG #5
Casa Acqua IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang