Meishan East Town: Landmark Budaya yang Menyatukan Seni, Arsitektur, dan Alam

Dalu Architectural Design Firm Menghadirkan Desain Bangunan yang Menghargai Alam dan Melayani Masyarakat

Proyek Meishan East Town, yang dirancang oleh Dalu Architectural Design Firm, merupakan simbol dari interaksi antara seni, arsitektur, dan alam. Dengan menghargai lingkungan sekitar, proyek ini menjadi landmark budaya yang menarik dan berfungsi sebagai ruang sipil yang terbuka dan ekologis.

Proyek ini terletak di Guiping Town, Renshou County, Meishan City, area inti dari Meishan East New Town yang akan datang. Kompleks ini terdiri dari Pusat Layanan Warga, Pusat Konferensi, Pusat Lingkungan, Pusat Bakat, Perpustakaan, dan Basis Kepala Perusahaan. Desain bangunan ini mengadaptasi kondisi lokal, mengikuti kontur gunung dan danau, dan menampilkan kurva yang indah. Kulit arsitektur yang bersih dan putih berbaur dengan lingkungan sekitar, menjadikannya landmark unik di Meishan dan meningkatkan nilai lingkungan dan lahan di area tersebut.

Material permukaan bangunan ini adalah beton bertulang serat kaca (GRC) yang memiliki plastisitas kuat, yang bertujuan untuk mencerminkan keindahan kurva bangunan dan mendefinisikan bahasa arsitektur yang fleksibel. Proyek ini mengadopsi semua struktur baja, dan lengkungan tengah dari struktur baja utama Pusat Layanan Warga melintasi lebih dari 40m, dan mengadopsi struktur kisi-kisi lengkung yang dikombinasikan dengan model arsitektur. Kombinasi GRC dan struktur baja dengan sempurna memecahkan masalah pemodelan streamline dan struktur rentang besar bangunan.

Tim desain yang dipimpin oleh Liu Yao, dengan anggota tim Zou Yuhua, Zheng Ran, Zhao Xiang, Tian Wenpeng, dan Fang Xiaobo, telah berhasil menciptakan desain yang menghargai alam dan melayani masyarakat. Bangunan-bangunan di sini tidak kaku, tetapi fleksibel, dapat disesuaikan dan bergerak. Bangunan kelompok memiliki suasana yang jelas dan kuat, memberikan ruang pribadi yang wajar dalam kelompok bangunan yang koheren.

Desain ini menghadapi tantangan dalam pemodelan aliran GRC dan dinding tirai kaca yang membawa kesulitan besar dalam konstruksi. Konstruksi persimpangan antara material, sistem tahan air, dan sistem dukungan struktural dinding tirai sangat kompleks. Bagian atas dan bawah dinding tirai kaca sebagian adalah dinding tirai kaca, yang tidak memiliki titik dukungan struktural, dan hanya dapat didukung oleh sistem dukungan struktural kolom baja utama dan truss sekunder di kedua ujung rentang 8-12m, yang menimbulkan tantangan besar bagi desain dan instalasi keseluruhan dinding tirai.

Proyek Meishan East Town ini bukan hanya perlu mencerminkan konteks sejarah kota, tetapi juga memiliki atribut spasial yang memberikan konsultasi, layanan, pendidikan, budaya, dan hiburan bagi warga. Dengan berbaur ke dalam alam, menjaga gunung dan air, proyek ini berhasil memecahkan kesan ruang yang serius dari Pusat Layanan Warga tradisional. Kurva anggun dan kulit arsitektur putih berbaur dengan lingkungan sekitar, menjadikannya menarik, menjadikannya landmark budaya unik di Meishan, dan meningkatkan nilai lingkungan dan lahan di area tersebut.

Proyek ini telah mendapatkan penghargaan Golden di A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menentukan tren yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk dan ide cerdas yang memajukan seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Liu Yao, Zheng Ran and Zou Yuhua
Kredit Gambar: 图片#1:arch-exist photography,2022 图片#2:arch-exist photography,2022 图片#3:arch-exist photography,2022 图片#4:arch-exist photography,2022 图片#5:arch-exist photography,2022
Anggota Tim Proyek: Creative Designer: Liu Yao Design Team: Zou Yuhua, Zheng Ran, Zhao Xiang, Tian Wenpeng, Fang Xiaobo
Nama Proyek: Meishan East Town
Klien Proyek: Liu Yao, Zheng Ran and Zou Yuhua


Meishan East Town IMG #2
Meishan East Town IMG #3
Meishan East Town IMG #4
Meishan East Town IMG #5
Meishan East Town IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang