The Box: Desain Arsitektur yang Menggabungkan Keindahan Alam dan Ruang Hidup

Desain yang Unik dan Inovatif oleh Hsiang-Peng Chang

THE BOX dikelilingi oleh pedesaan yang alami dan lingkungan alam yang indah. Dengan memanfaatkan arsitektur dan seni ruang, desain ini bertujuan untuk memberikan rasa pemisahan dari kehidupan perkotaan dan menyatukan interaksi penghuni ke dalam ruang interior dan lingkungan alam. Mencari hubungan antara ruang hidup dan lingkungan alam.

Desain arsitektur THE BOX memiliki keunikan yang mencolok. Dengan tampilan geometri abstrak berbentuk empat persegi, rumah-rumah putih murni ini terlihat menyatu dengan latar belakang permukiman. THE BOX dirancang dengan pengaturan persegi fisik dan virtual yang saling berhubungan, menciptakan mikro iklim dalam hal ruang fisik dan imajinasi hidup yang hidup. Tindakan sederhana secara mengejutkan menjadi karakteristik utama dari desain ini.

Untuk menghadapi risiko gempa di daerah ini, THE BOX menggunakan cat mineral putih murni KEIM dari Jerman sebagai bahan dekorasi fasad. Bahan ini dapat mencegah kerontokan ubin dan batu saat terjadi bencana. Selain itu, bahan ini juga tahan lama, mudah dibersihkan, dan memantulkan radiasi panas.

Desain THE BOX memiliki spesifikasi teknis yang mencakup luas konstruksi sebesar 206,8m² dan empat lapisan bangunan. Dalam hal interaksi, desain ini menekankan pentingnya makan bersama keluarga sebagai bagian penting dalam menjaga ikatan keluarga. Ruang makan dan dapur direncanakan dalam ruang atrium antara lantai pertama dan lantai kedua, menciptakan ruang vertikal yang memungkinkan aroma makanan menyebar dan kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Lantai yang bertingkat dan tangga yang menghubungkan lantai-lantai yang berbeda juga memberikan pemandangan luar yang indah, seolah-olah pemandangan alam luar adalah sebuah karya seni di dinding putih rumah.

Desain THE BOX juga memperhatikan kenyamanan dan privasi penghuni. Dengan tidak adanya bangunan tinggi di sekitarnya, jendela-jendela rumah dapat dibuka lebih lebar. Sirkulasi udara yang baik juga diatur sehingga ruang kamar mandi yang terhubung dengan kamar tidur utama terlihat seperti karya seni ruang. Langit, cahaya, dan ruang digunakan sebagai bahan dasar untuk mengaburkan batas antara kamar mandi dan ruang interior. Tanpa mengorbankan privasi, penghuni dapat menikmati mandi dan berdandan di bawah cahaya langit atau cahaya bulan, seolah-olah itu adalah ruang pribadi yang mengubah pemandangan menjadi seni ruang.

Proyek desain THE BOX dimulai pada bulan Oktober 2020 dan selesai pada bulan Mei 2021. Konstruksi proyek dimulai pada bulan Juni 2021 dan selesai pada bulan Oktober 2022. Selama proses desain, penelitian yang mendalam dilakukan untuk menciptakan ruang yang beragam dan memberikan makna pada rumah kecil ini. Struktur dinding komposit khusus mengurangi dampak paparan sinar matahari barat pada ruang interior, sementara ventilasi yang dirancang mirip cerobong asap memungkinkan sirkulasi udara fisik di dalam ruang. Lantai yang bertingkat memberikan partisi ruang dan pemandangan luar yang indah.

Desain THE BOX telah diakui dan memenangkan penghargaan Iron dalam A' Design Award 2023 dalam kategori Arsitektur, Bangunan, dan Desain Struktur. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: HSIANG-PENG CHANG
Kredit Gambar: HSIANG-PENG CHANG
Anggota Tim Proyek: HSIANG-PENG CHANG
Nama Proyek: The Box
Klien Proyek: HSIANG-PENG CHANG


The Box IMG #2
The Box IMG #3
The Box IMG #4
The Box IMG #5
The Box IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang