Desain Interior yang Menenangkan dengan Geometri Garis

Desain oleh Zong Ying Chen

Pendahuluan

Desain interior dapat menciptakan suasana yang tenang dan menenangkan di dalam rumah. Salah satu contoh desain yang menarik adalah proyek "Lines Geometry" yang dirancang oleh Zong Ying Chen. Desain ini menggabungkan elemen geometri garis dengan penggunaan warna yang cerah dan material alami untuk menciptakan ruang yang minimalis dan menenangkan.

Desain ini terinspirasi oleh kehidupan perkotaan yang sibuk dan bising. Zong Ying Chen menggunakan plester ramah lingkungan pada langit-langit dan dinding untuk menciptakan ruang yang minimalis dengan suasana yang tenang. Poros koridor membagi ruangan secara tak terlihat, dan perpaduan warna kontras membentuk atribut berbeda dari abu-abu dan putih, menciptakan pengalaman visual yang unik.

Desain ini memiliki keunikan dalam penggunaan plester yang diwarnai tangan pada langit-langit dan dinding. Lapisan-lapisan tersebut seperti awan, memberikan ruang tersebut tekstur yang teratur dan menciptakan suasana yang tenang dan sunyi. Zong Ying Chen menggunakan garis lurus hingga garis melengkung, garis tunggal hingga susunan, panjang geometri, korespondensi persegi, dan pergeseran untuk menciptakan lapisan dan keunikan.

Teknologi yang digunakan dalam merealisasikan desain ini melibatkan pembuatan lemari TV dan rak tampilan dari besi hitam dengan kontras volume dan suspensi. Selain itu, tekstur batu dolomit seperti awan, dan ruang antara mereka menunjukkan kontinuitas visual. Zong Ying Chen juga menggabungkan rak buku berwarna merah, kuning, dan biru dengan rak besi hitam, yang terlihat seperti lukisan besar karya Piet Mondrian dan memiliki fungsi tampilan dan praktis.

Desain ini juga memperhatikan interaksi dengan pengguna. Rak hitam di bawah lemari TV tidak hanya dapat menyimpan buku dan aksesori, tetapi juga meluas hingga ke pintu masuk sebagai kursi sepatu, yang sepenuhnya dirancang dari perspektif estetika dan praktis. Meja makan dan meja kerja juga terdiri dari garis dan geometri, membuat seluruh ruang terintegrasi. Lemari sepatu, lemari TV, rak besi hitam, rak buku, dan kamar tidur dapat dianggap sebagai kotak-kotak dengan ukuran yang berbeda dan tersebar di area publik seperti ruang makan dan ruang tamu.

Proyek ini selesai pada Agustus 2021 di Taiwan. Zong Ying Chen melakukan penelitian yang mendalam untuk menciptakan desain ini. Kesederhanaan membawa ketenangan dan kedamaian ke dalam ruang, sementara garis-garis menggambar kesan visual dari bidang tersebut, dan warna-warna menghiasi minat hidup. Zong Ying Chen menggunakan garis murni dan geometri sebagai struktur dan menciptakan pengalaman visual yang berbeda dengan pembalikan visual dari geometri persegi panjang. Plester diwarnai tangan pada langit-langit dan dinding, dan lapisan-lapisannya seperti awan, memberikan ruang tersebut tekstur yang teratur.

Desain ini memiliki tantangan kreatif dalam penggunaan warna. Warna putih digunakan sebagai warna dasar, bersama dengan warna putih dan hitam dari lemari dan warna merah, kuning, dan biru dari rak besi. Warna dasar ruang makan adalah abu-abu, dengan warna hitam besi dan biru lukisan, tekstur batu putih dan hitam, serta perabotan. Zong Ying Chen menciptakan gaya yang indah dan harmonis dengan menggabungkan geometri, suspensi, penetrasi, dan kesederhanaan untuk menampilkan keindahan.

Proyek ini menampilkan bahan-bahan alami, seperti kayu hangat, abu-abu dan hitam, serta ubin batu putih. Tekstur batu tersebut seperti irama laut. Rak pandangan, lemari, rak buku, dan rak dirancang agar ringan dan tergantung untuk menciptakan kesan ringan. Pencahayaan ruangan sangat baik pada siang hari dan memiliki pencahayaan lembut dari langit-langit dan lapisan pada malam hari. Layak disebutkan bahwa lampu ruang makan dapat membentuk dan menjadi sorotan di dinding putih.

Desain "Lines Geometry" oleh Zong Ying Chen telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zong-Ying Chen
Kredit Gambar: Zong-Ying Chen
Anggota Tim Proyek: Zong-Ying Chen
Nama Proyek: Lines Geometry
Klien Proyek: Zong-Ying Chen


Lines Geometry IMG #2
Lines Geometry IMG #3
Lines Geometry IMG #4
Lines Geometry IMG #5
Lines Geometry IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang