Hotaru: Kursi Multifungsi yang Menginspirasi

Misaki Kiyuna Menggabungkan Fungsi dan Estetika dalam Desain Furnitur Inovatif

Hotaru, sebuah kursi dengan pencahayaan terintegrasi, dirancang oleh Misaki Kiyuna sebagai respons terhadap peningkatan waktu yang dihabiskan di rumah akibat pandemi. Dengan desain yang unik dan multifungsi, Hotaru menawarkan solusi untuk ruang kecil dan membantu memperkaya waktu sendiri.

Hotaru terinspirasi oleh para performer yang berada di bawah sorotan panggung. Kiyuna melihat kesamaan antara membaca buku dengan lampu dalam ruangan gelap dan seorang performer yang berada di bawah sorotan. Kursi ini merespons kehadiran manusia dalam gelap, menyalakan dan mematikan lampu, memberikan penampilan yang menyerupai kunang-kunang yang memancarkan cahaya yang fantastis dan lembut.

Salah satu keunikan Hotaru adalah ketika seseorang duduk, kursi ini akan menerangi tangan mereka dengan terang. Lampu yang berfungsi sebagai sandaran juga bisa diatur posisinya. Meskipun dirancang sebagai kursi baca, Hotaru juga dapat berfungsi sebagai meja samping dan pencahayaan jika diletakkan di samping tempat tidur.

Hotaru dirancang dengan mempertahankan kehangatan kayu lapis pada bagian dudukan dan dapat dirakit tanpa menggunakan baut atau sekrup. Dengan ukuran yang kompak dan dua pilihan warna, putih dan hitam, kursi ini cocok untuk berbagai jenis ruangan dan dekorasi.

Kursi ini dirancang dan diproduksi di Okinawa pada tahun 2022. Dalam proses desainnya, Kiyuna melakukan penelitian tentang furnitur yang cocok untuk ruangan kecil, mengingat sebagian besar rumah di Jepang memiliki denah lantai yang kecil. Dengan memberikan fungsi ganda pada sandaran kursi sebagai pencahayaan, Hotaru menjadi solusi baru untuk memanfaatkan ruang dengan efisien.

Hotaru telah mendapatkan penghargaan Bronze dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan kreativitas dan inovasi yang luar biasa, serta kontribusi terhadap peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Hotaru adalah bukti bahwa desain yang baik dapat menggabungkan fungsi dan estetika, serta beradaptasi dengan perubahan gaya hidup. Dengan kursi ini, Misaki Kiyuna telah menciptakan sebuah produk yang tidak hanya praktis dan fungsional, tetapi juga memiliki nilai artistik dan estetika yang tinggi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Misaki Kiyuna
Kredit Gambar: [Image # 1: Misaki Kiyuna, Hotaru, 2021][Image # 2: Misaki Kiyuna, Hotaru, 2021][Image # 3: Misaki Kiyuna, Hotaru, 2021][Image # 4: Misaki Kiyuna, Hotaru, 2021][Image # 5: Misaki Kiyuna, Hotaru, 2021]
Anggota Tim Proyek: Misaki Kiyuna
Nama Proyek: Hotaru
Klien Proyek: Misaki Kiyuna


Hotaru IMG #2
Hotaru IMG #3
Hotaru IMG #4
Hotaru IMG #5
Hotaru IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang