Shaoxing Hotel: Menciptakan Lanskap Menawan dengan Sentuhan Tradisional

U A D Menghadirkan Desain Lanskap yang Menggabungkan Budaya Lokal dan Lingkungan Situs

Shaoxing Hotel, sebuah karya seni arsitektur yang terletak di kaki Gunung Fushan, Shaoxing, merupakan perpaduan sempurna antara budaya lokal dan lingkungan alam. Dengan konsep "gunung hijau dan air jernih", hotel ini menawarkan pemandangan yang mempesona dengan pepohonan yang rimbun, pohon pinus yang anggun, dan pemandangan musiman yang memabukkan.

U A D, tim desain yang berada di balik proyek ini, berhasil mengintegrasikan lanskap yang menghadap gunung dan menggabungkan volume bangunan lama dan baru. Hasilnya, Shaoxing Hotel menciptakan transisi dari suasana yang ramah menjadi suasana yang elegan dan tenang. Lanskap di dalam hotel berkembang di sekitar Qingbai Courtyard, Ningcui Courtyard, dan Tingyu Courtyard, yang masing-masing mengungkapkan tema alam gunung, air, dan hujan.

Hotel ini dirancang dengan inspirasi dari lukisan Hills of Kuaiji. Lanskap besar yang terdiri dari air, batu, dan bonsai di Qingbai Courtyard tampak seperti gulungan lukisan tiga dimensi yang kuno dan hidup di depan lobi hotel. Melalui teknik modern, Tingyu Courtyard menampilkan pesona tradisional. Pada hari hujan, tetesan air di atas atap jatuh ke dalam air mancur, sementara batu-batu bertumpuk juga perlahan tenggelam. Suasana romantis tercipta saat mendengarkan suara hujan dan menatap gunung di kejauhan sambil duduk di depan halaman.

Shaoxing Hotel memiliki luas proyek 44624 meter persegi dan berfungsi sebagai hotel. Desain ini mencakup berbagai elemen seperti Shaoxing Hotel, gaya Jiangnan, UAD, desain lanskap, dan pesona tradisional. Tim desain yang terlibat dalam proyek ini terdiri dari Wu Weiling, Xu Conghua, Wang Jietao, Hu Huifeng, Zhang Chi, Tang Zerong, Zhu Jing, Ao Dandan, Yao Haiyan, He Ying, Wu Di, Lin Teng, Gu Jingxian, Huang Jingyi, dan Liu Qing.

Interaksi desain ini terungkap melalui berbagai elemen lanskap. Bonsai pinus di alun-alun pintu masuk aula multifungsi mencerminkan tiga gunung kota, menciptakan suasana megah ruang makan seribu kursi. Batu, pohon pinus, dan bambu menjadi pemandangan yang indah untuk ruang penerimaan VIP. Lanskap air hijau dan tanaman di halaman mengekho jauhnya gunung hijau yang rimbun. Pohon-pohon yang dibiarkan tumbuh subur di halaman berpadu dengan gunung hijau yang rimbun di kejauhan, penuh dengan puisi.

Proyek ini berlangsung dari April 2018 hingga Oktober 2018 dan berlokasi di Shaoxing, Zhejiang, China. Dalam penelitian yang mendasari desain ini, tim desain menciptakan dialog dengan gunung dan air berdasarkan Taman Gunung Fushan yang indah di dekatnya dan teknik lanskap tradisional Tiongkok seperti "meminjam", "metafora", dan "analogi". Melalui penggalian fitur unik lokal, desain ini menciptakan lanskap khas untuk Shaoxing Hotel, menggambarkan gambaran dengan pohon-pohon yang rimbun, pohon pinus yang anggun, dan pemandangan musiman yang memabukkan.

Shaoxing Hotel telah memenangkan Silver A' Landscape Planning and Garden Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa, kreatif, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: U A D
Kredit Gambar: An Yanjun
Anggota Tim Proyek: Wu Weiling Xu Conghua Wang Jietao Hu Huifeng Zhang Chi Tang Zerong Zhu Jing Ao Dandan Yao Haiyan He Ying Wu Di Lin Teng Gu Jingxian Huang Jingyi Liu Qing
Nama Proyek: Landscape Design for Shaoxing
Klien Proyek: U A D


Landscape Design for Shaoxing IMG #2
Landscape Design for Shaoxing IMG #3
Landscape Design for Shaoxing IMG #4
Landscape Design for Shaoxing IMG #5
Landscape Design for Shaoxing IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang