Sunshine Plant Nature: Desain yang Menggabungkan Keindahan Alam dan Fungsionalitas

Desain oleh Hung Jui Chen

Sebuah proyek desain komersial yang unik dengan sentuhan Skandinavia dan interaksi dengan alam.

Desain Sunshine Plant Nature merupakan proyek yang menarik yang menggabungkan keindahan alam dan fungsionalitas. Didesain oleh Hung Jui Chen, proyek ini berlokasi di lantai pertama gedung yang sebelumnya merupakan pusat perbelanjaan. Pemilik ingin ruangan ini memiliki nuansa Skandinavia yang menekankan konsep desain alami dan hijau, sambil tetap memberikan kesan terbuka dan luas di dalam ruangan, dan juga memungkinkan interaksi dengan teras luar sekitar 100m2, sehingga pemilik dapat belajar mempersiapkan makanan segar untuk hewan peliharaan di dalamnya.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah penggunaan konsep kandang burung untuk menciptakan efek pencahayaan dan meningkatkan ketinggian langit-langit ruangan. Dengan warna hijau tentara yang terang dan bentuk melengkung, bersama dengan dinding eksterior putih dan desain teras terbuka, terdapat hubungan yang lebih dalam antara ruang interior dan eksterior, yang dengan indah menunjukkan karakteristik dan suasana dari perusahaan tersebut.

Desain Sunshine Plant Nature juga menonjolkan penggunaan material yang unik dan berkualitas. Papan lentur, logam berlapis titanium, lantai spc, cat khusus Italia, panel sistem, terrazzo, bagian baja, peg board, silestone, dan kaca laker adalah beberapa contoh material yang digunakan dalam proyek ini.

Dalam merencanakan proyek ini, Hung Jui Chen dan pemilik properti sepakat untuk tidak mengikuti bahasa desain kelas memasak tradisional. Sebaliknya, simbol-simbol geometris, tanaman hijau, dan sinar matahari yang melimpah mengisi setiap sudut ruangan, dengan pendekatan imajinatif yang mempertimbangkan dengan cermat lingkungan lanskap. Ruangan ini tidak diinterpretasikan dengan konvensi yang sudah ada, tetapi mencoba menjaga aliran perspektif visual untuk menciptakan pengalaman ruang yang baik. Hewan peliharaan dapat beristirahat dan bermain dengan bebas di luar ruangan, sementara interior ruangan terang, dan dengan adanya kamar mandi di tengah ruangan, desain menggunakan papan lentur melengkung untuk menciptakan meja bar yang seamlessly menjadi bagian dari area pengajaran.

Desain Sunshine Plant Nature selesai pada bulan Juni 2021 di Taipei, Taiwan. Dalam prosesnya, desainer menghadapi tantangan kreatif dan teknis, seperti distribusi saluran pendingin udara yang tidak memiliki dekorasi langit-langit. Namun, dengan menggunakan bentuk melengkung, saluran pipa dan kabel dapat disembunyikan dengan baik.

Desain Sunshine Plant Nature telah mendapatkan pengakuan yang layak. Pada tahun 2023, desain ini meraih penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini juga diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Desain Sunshine Plant Nature adalah contoh yang menarik dari bagaimana desain dapat menggabungkan keindahan alam, fungsionalitas, dan keunikan dalam satu ruangan. Dengan sentuhan Skandinavia dan interaksi dengan alam, proyek ini menciptakan ruang yang indah dan inspiratif bagi pemilik dan pengunjungnya.

Sumber Gambar: Fotografer Lin fu Ming, Sunshine Plant Nature Fresh Foodism, 2021.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hung Ju Chen
Kredit Gambar: Image #1-5: Photographer Lin fu Ming, Sunshine Plant Nature Fresh Foodism, 2021.
Anggota Tim Proyek: Hung Ju Chen
Nama Proyek: Sunshine Plant Nature
Klien Proyek: Hung Ju Chen


Sunshine Plant Nature IMG #2
Sunshine Plant Nature IMG #3
Sunshine Plant Nature IMG #4
Sunshine Plant Nature IMG #5
Sunshine Plant Nature IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang