Qutan: Desain Ekstensi Sekolah Dasar yang Menggabungkan Tradisi dan Inovasi

Menggali Potensi Arsitektur Tradisional untuk Masa Depan

Pendahuluan

Desain Qutan adalah sebuah proyek yang menggabungkan kearifan lokal dengan inovasi arsitektur modern untuk memperluas ruang belajar di Sekolah Dasar Qutan. Dengan menggunakan bahan lokal seperti batu kerikil dan mengadopsi teknik konstruksi tradisional, desain ini tidak hanya memenuhi kebutuhan siswa akan ruang belajar yang lebih luas, tetapi juga menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan memberikan rasa memiliki. Selain itu, desain ini juga mencerminkan tradisi arsitektur khas Qutan.

Desain ini memiliki keunikan yang membedakannya dari desain lainnya. Tim desain memasukkan bangunan dua lantai baru di lahan kosong di sisi timur kampus sekolah untuk membagi ruang sekolah menjadi bagian internal dan eksternal. Dengan demikian, ketenangan di dalam sekolah dapat terjamin, dan Lapangan Kecil Pusat di luar gedung diubah menjadi perluasan dan transisi dari ruang komunal desa. Koridor yang melintasi tengah bangunan baru membentuk rute sirkulasi dan juga menunjukkan penerapan bentuk ruang arsitektur tradisional.

Desain ini direalisasikan dengan menggunakan teknologi konstruksi yang sesuai dengan tradisi lokal. Dinding lantai pertama bangunan baru dikombinasikan dengan teknik konstruksi batu dan kerikil yang umum ditemukan di sungai lokal. Metode konstruksi dinding ini mewarisi tradisi arsitektur lokal. Selain itu, untuk menghalangi sinar matahari pada musim panas dan memperkuat kenyamanan penggunaan ruang, teralis peneduh dipasang di bagian eksterior timur dan barat bangunan baru, dan lebar koridor di sebelah barat diperluas untuk memberikan lebih banyak ruang aktivitas bagi anak-anak.

Desain Qutan memiliki spesifikasi teknis sebagai berikut: luas proyek 570 meter persegi dan tipe bangunan sekolah.

Desain ini berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian. Awalnya, Sekolah Dasar Qutan terdiri dari gedung pengajaran dua lantai di utara dan gedung tambahan satu lantai di selatan, dengan tempat kegiatan di tengah. Karena tata letak yang ada memudarkan batas antara ruang sekolah dan ruang publik desa, ruang sekolah kurang memiliki rasa memiliki. Sementara itu, mobil dari luar desa sering parkir sembarangan di area terbuka di mana pintu masuk timur sekolah berada, yang membawa potensi bahaya keamanan.

Desain Qutan berhasil memecahkan tantangan ini dengan memperbaiki tata letak ruang publik desa. Dengan desain dan konstruksi yang terkoordinasi antara Lapangan Kecil Pusat dan plaza pintu masuk Banyan, proyek ini membangun kembali tatanan ruang publik di sini, sehingga menarik kembali penduduk desa ke ruang komunal dan memberikan kehidupan baru bagi desa.

Desain ini terletak di Desa Qutan, Kota Heyuan, Provinsi Guangdong, Tiongkok. Proyek ini dimulai pada Mei 2021 dan selesai pada Juli 2022.

Desain Qutan adalah sebuah prestasi yang diakui dan dihargai. Desain ini meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2023 dalam kategori Desain Arsitektur, Bangunan, dan Struktur. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdasan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SUIADR, SAUP
Kredit Gambar: Image copyright: Ding Xia
Anggota Tim Proyek: Zhong Botao Zhong Dekun Zhong Zhong Xiong Yonghui Xing Canqiu Zhang Yixiang
Nama Proyek: Qutan
Klien Proyek: SUIADR, SAUP


Qutan IMG #2
Qutan IMG #3
Qutan IMG #4
Qutan IMG #5
Qutan IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang