Yantai Experience: Pusat Penjualan dan Pameran yang Inovatif

Menciptakan Ruang yang Menghubungkan dan Menginspirasi

Pusat penjualan dan pameran sering kali didesain sebagai jalur berputar atau satu arah. Namun, More Design Office (MDO) memutuskan untuk menantang norma ini dengan menciptakan area publik di tengahnya, sebagai tempat untuk diskusi dan interaksi. MDO ingin merancang ruang ini lebih berfokus pada manusia dan ramah.

Yantai adalah sebuah kota pesisir yang ditandai oleh topografi perbukitan, makanan laut segar yang luar biasa, dan salju musim dingin. MDO ditugaskan untuk menciptakan landmark di sudut sumbu pusat area pengembangan baru, di sebelah selatan Tashan Scenic Area. Bangunan sekitarnya ditandai oleh blok-blok tinggi kantor dan hunian. MDO membayangkan bangunan baru ini sebagai kontras terhadap homogenitas pengembangan baru, melalui bentuk, material, dan hubungannya dengan lanskap sekitar.

Dari luar, bangunan ini terlihat seperti serangkaian drum berlekuk yang dilapisi dengan rok kaca. Drum-drum ini memiliki tinggi yang bervariasi tergantung pada fungsi internalnya. Mereka dilapisi dengan panel aluminium perak yang memantulkan langit dan lanskap sekitarnya dengan lembut.

Rok kaca menggunakan panel tanpa bingkai setinggi enam meter yang memungkinkan cahaya dan pemandangan masuk ke dalam ruangan. Meskipun rencana ini terlihat bebas, fasadnya dirasionalisasi untuk menggunakan satu ukuran dan radius kaca melengkung dengan struktur sirip kaca.

Pusat penjualan dan pameran Yantai Experience memiliki luas 1800 meter persegi. Desainnya menciptakan ruang pusat yang lebih rendah 1,2 meter untuk menghubungkan dengan area lounge dan meningkatkan ketinggian langit-langit. Langkah ini menciptakan galeri berlapis kolom, dari mana setiap ruang eksternal dapat diakses dan mendorong hubungan visual antara berbagai fungsi di sepanjang ruang utama.

Di bagian terbuka yang paling luas dari bangunan ini, MDO menciptakan amfiteater bertingkat. Ruang ini diciptakan untuk pertemuan berkeliling, kegiatan kelompok, dan bermain anak-anak; ruang multifungsi yang dapat disesuaikan dengan berbagai tujuan. Ruang ini tetap mempertahankan bentuk lingkaran sebagai simbol pertemuan dan keterbukaan. Bangunan ini juga mengundang masyarakat setempat untuk bergabung dan berkumpul melalui fasadnya yang sepenuhnya transparan.

Proyek ini dimulai pada Juli 2019 dan selesai pada Maret 2021. Selama proses perancangan, MDO menghadapi tantangan kreatif dan teknis. Awalnya, klien menginginkan pusat penjualan yang sifatnya sementara. Namun, MDO mengusulkan opsi yang dapat dibongkar dan digunakan kembali untuk menghindari produksi limbah yang besar, tetapi usulan tersebut ditolak. MDO juga harus meyakinkan pemerintah setempat bahwa pusat penjualan ini dapat menjadi lebih dari sekadar bangunan komersial. MDO mempertahankan bahwa bangunan ini dapat memainkan peran penting dalam lingkungan sekitarnya sebagai katalis interaksi sosial dan inklusi. Akhirnya, pemerintah setempat memutuskan untuk menjadikan bangunan ini sebagai bangunan permanen yang akan digunakan sebagai pusat budaya dan seni untuk masyarakat setempat setelah pengembangan area tersebut selesai.

Pusat penjualan dan pameran Yantai Experience merupakan contoh desain yang inovatif dan unik. Dengan menghubungkan berbagai fungsi secara terpusat dan menciptakan ruang yang terbuka dan terhubung dengan lingkungan sekitarnya, bangunan ini menciptakan pengalaman yang menarik dan inspiratif bagi pengunjungnya. Dengan bentuknya yang menyerupai kristal salju dan materialitasnya yang mencerminkan langit dan lanskap sekitarnya, Yantai Experience menjadi landmark yang menonjol di tengah pengembangan baru di kota Yantai.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: More Design Office
Kredit Gambar: All materials on the site belong to More Design Office Co.,Ltd
Anggota Tim Proyek: Architect: Justin Bridgland and Architect: Jaycee Chui
Nama Proyek: Yantai Experience
Klien Proyek: More Design Office


Yantai Experience  IMG #2
Yantai Experience  IMG #3
Yantai Experience  IMG #4
Yantai Experience  IMG #5
Yantai Experience  IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang