Tathra Eco Camp: Rebranding Sebuah Destinasi Wisata Setelah Bencana Kebakaran Hutan

Desain Identitas Merek yang Menggambarkan Kebangkitan dan Harapan Baru

Setelah mengalami kehancuran akibat kebakaran hutan di Australia, Tathra Beach Eco Camp melakukan rebranding untuk menceritakan kisah kebangkitan mereka dan meluncurkan kembali destinasi wisata dengan identitas dan harapan baru.

Desainer Amanda Dempster mengambil inspirasi dari kisah pemulihan setelah kebakaran untuk menciptakan identitas merek yang simbolis bagi Tathra Eco Camp. "Cincin kehidupan" pohon dipilih sebagai simbol untuk mewakili sejarah pertumbuhan dan kelahiran kembali lokasi tersebut, serta untuk mencerminkan pengalaman ekologis unik yang ditawarkan destinasi tersebut. Dengan demikian, merek ini berbeda dari ikon daun atau tokek yang biasanya digunakan dalam branding ekowisata.

Identitas unik yang mencerminkan prioritas alam dari destinasi dan sejarah hidup dari lanskap yang diperbaharui berhasil diciptakan. Dempster menjelaskan bahwa merek baru ini perlu mencerminkan kisah unik mereka, kehancuran dan harapan, akar budaya dan pribumi yang kaya di tanah mereka, refleksi dari pembangunan kembali yang intensif, dan komitmen mereka terhadap pengalaman ekowisata yang diperbaharui.

Dalam mewujudkan desain ini, berbagai jalur dieksplorasi dalam merumuskan arah kreatif untuk merek. Prinsip psikologi warna diteliti untuk nilai-nilai yang terkait dengan relaksasi dan pariwisata, sementara pertimbangan juga diberikan kepada fauna lokal, satwa liar, dan warna serta pilihan material yang dibuat untuk bangunan baru. Ini memastikan konsistensi pengalaman tamu secara online dan offline di seluruh merek dan menginap.

Sebagai bagian dari paket desain merek yang komprehensif, berbagai produk dirancang, diproduksi, dicetak, dan dikirimkan, termasuk konsep kreatif, panduan gaya lengkap, situs web CMS Wordpress yang dirancang khusus, pengaturan media sosial lengkap, kampanye iklan media sosial dan kreatif, postingan peluncuran media sosial, panduan digital interaktif untuk tamu dengan timer unik, semua tanda fisik, produk promosi bermerek dan hadiah, serta stasiun dan kolateral cetak.

Proyek ini dimulai pada awal 2021, dengan peluncuran merek pada Juli 2022 untuk kampanye pra-pembukaan yang mendukung pembukaan pada bulan Desember. Dalam pengembangan dan realisasi strategi untuk merek ini, sejumlah faktor dievaluasi: nilai psikologi warna dan hubungannya dengan nilai merek, tanda dan identitas pesaing untuk memastikan penempatan dan posisi yang unik, serta bentuk, warna, material, dan perencanaan ruang fisik yang dibangun kembali, bangunan dan lanskap fisik dipertimbangkan untuk memastikan konsistensi merek dan identitas secara digital dan fisik.

Desain ini berhasil meraih penghargaan Iron dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Amanda Dempster
Kredit Gambar: Photography Credits: Wes Alan & Tony Harrington (2021) Illustration & Creative Brand Design Credits: Amanda Dempster (2021)
Anggota Tim Proyek: Amanda Dempster
Nama Proyek: Tathra Eco Camp
Klien Proyek: Amanda Dempster


Tathra Eco Camp IMG #2
Tathra Eco Camp IMG #3
Tathra Eco Camp IMG #4
Tathra Eco Camp IMG #5
Tathra Eco Camp IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang