Suzhou Drainage Museum: Membangun Kesadaran Lingkungan Melalui Desain Inovatif

Whale Rider Architecture Mengubah Pemahaman Tentang Pengolahan Limbah dengan Pendekatan Edukasi yang Menyenangkan

Whale Rider Architecture merancang Suzhou Drainage Museum, sebuah museum bertema kapal selam yang menggabungkan pengetahuan ilmiah dan aktivitas interaktif untuk mempromosikan perlindungan lingkungan.

Terinspirasi oleh kapal selam, tim desain Whale Rider Architecture menggunakan elemen pipa yang umum ditemukan dalam pengolahan limbah untuk menciptakan ruang yang imersif. Melalui desain pameran yang realistis, pengetahuan ilmiah yang biasanya kaku berubah menjadi perjalanan eksplorasi yang santai dan menyenangkan, menanamkan pengetahuan tentang pengolahan limbah kepada pengunjung melalui aktivitas audiovisual dan praktik langsung.

Museum ini menampilkan perpaduan bentuk peralatan pengolahan modern dan elemen kokpit, jendela kapal, dan pipa. Dengan jalur pergerakan yang rasional, proses pengolahan limbah ditampilkan secara cerdas dan progresif. Berbagai perangkat multimedia modern diterapkan untuk memperkaya mode edukasi dan menciptakan suasana yang penuh kegembiraan, teknologi, dan ritual, meningkatkan kesadaran ekologis pengunjung melalui pengalaman belajar sambil bermain yang imersif.

Proyek ini terutama dibangun dengan bahan-bahan ramah lingkungan, yang tekstur, warna, dan polanya menciptakan efek visual yang sederhana dan menetapkan nada yang sangat modern. Pilihan material ini meningkatkan suasana yang santai dan menyenangkan, dan lebih penting lagi, menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan, yang sejalan dengan posisi proyek sebagai museum sains untuk mempopulerkan pengetahuan tentang pengolahan limbah dan perlindungan lingkungan ekologis.

Area layanan proyek ini mencakup sekitar 58 kilometer persegi, melayani populasi sekitar 500.000 orang, dan memiliki kapasitas pengolahan harian 180.000 ton. Proyek ini dirancang dari 10 Juni hingga 18 September 2021 dan museum sains ini terletak di dekat Jembatan Shihu di Suzhou, Provinsi Jiangsu.

Proyek ini menghadapi tantangan dalam mengatasi resistensi publik terhadap stereotip museum sains tradisional, yang melemahkan efek popularisasi sains. Untuk mengatasi masalah ini, proyek ini memberikan pengalaman ilmiah dan menyenangkan bagi pengunjung, dan memotivasi mereka untuk mengeksplorasi melalui interaksi multisensori yang imersif dan aktivitas praktik langsung. Kolam air daur ulang di luar dirancang sebagai presentasi realistis dari ekologi yang harmonis, mengarahkan perjalanan akademik ke kehidupan nyata.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Bronze dalam kategori Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan keterampilan. Dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: WhaleRider Architecture
Kredit Gambar: WhaleRider Architecture
Anggota Tim Proyek: Bifeng Li Wenjing Lu Kaili Hu Dalian Liu Chao Shi Yubao Fan Yuan Sun Han Zhang
Nama Proyek: Suzhou Drainage Museum
Klien Proyek: WhaleRider Architecture


Suzhou Drainage Museum IMG #2
Suzhou Drainage Museum IMG #3
Suzhou Drainage Museum IMG #4
Suzhou Drainage Museum IMG #5
Suzhou Drainage Museum IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang