Desain Klinik Gigi Futuristik: Menggabungkan Teknologi dan Seni dalam Ruang Penyembuhan

Desain revolusioner oleh Lieh-Wei Liu yang menggabungkan estetika alam dan teknologi canggih untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dan menyembuhkan

Desain klinik gigi oleh Lieh-Wei Liu mencerminkan konsep unik tentang asal-usul kehidupan, menggabungkan teknologi dan seni untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dan menyembuhkan.

Desain klinik gigi ini, yang dibuat oleh Lieh-Wei Liu, didasarkan pada hipotesis tentang lingkungan asal-usul kehidupan. Liu percaya bahwa setiap kehidupan memiliki arti yang luar biasa untuk eksis di langit dan di bumi. Gen unik menciptakan kondisi hidup yang berbeda, mulai dari polong tanaman, sarang burung, hingga rahim ibu. Dalam setiap lingkungan tersebut, pertumbuhan dipelihara melalui nutrisi yang paling primitif, aman, dan kaya, dan merupakan lingkungan paling misterius yang memelihara segala sesuatu dan menyembuhkan kehidupan.

Ruang diciptakan seperti sarang, cangkang telur, atau inti buah; itu seperti rahim hangat ibu atau seperti polong tanaman. Semuanya diberi niat untuk menempatkan kehidupan di ruang yang paling aman dan santai untuk menerima perawatan. Dalam hal perencanaan ruang, di satu sisi, dipertahankan gerakan dan fungsi peralatan medis yang paling penting, sementara juga mencoba menantang dan mendapatkan kesamaan yang sangat halus antara logika rasional dan imajinasi sensual.

Setelah pendekatan desain ditentukan, kondisi instalasi harus dikoordinasikan dengan semua produsen peralatan khusus selama periode desain sehingga ruang perawatan berbentuk telur dapat memenuhi berbagai persyaratan medis. Untuk mencapai tujuan desain tersebut, antarmuka dan detail harus dibahas, kekuatan beban dihitung, berbagai sudut dalam 3-D disimulasikan, dan struktur dan bentuk kompartemen dipotong dengan presisi oleh CNC. Pada akhirnya, peralatan akhirnya terhubung dan dirakit di lokasi dan ditutupi oleh pelat melengkung khusus sehingga proyek pengecatan eksternal akhir dapat diselesaikan.

Desain ini menghadapi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian yang harus diatasi. Bagian paling menantang dari proyek desain ini adalah kebutuhan untuk perencanaan lanjutan karena kompleksitas integrasi peralatan medis dan personel perawatan ke dalam ruang minimalis. Seseorang tidak hanya harus mengetahui tentang proses operasi dokter, tetapi juga memenuhi kebutuhan pasien. Baik desain dan pekerjaan teknik harus dilakukan dalam pengaturan yang sangat rasional di bawah simulasi berulang, serta komunikasi dan koordinasi. Adapun hasil akhir, mereka harus dapat menunjukkan dan dengan tepat menyajikan konsep desain abstrak yang paling murni dan paling sensual.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain Emas A' dalam Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran pada tahun 2022. Penghargaan Desain Emas A' diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menentukan tren yang mencerminkan bakat dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk dan ide cerdas yang memajukan seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: LIEH-WEI LIU
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Liang Yen Hsiung, Rhythm, 2021. Image #2: Photographer Liang Yen Hsiung, Life, 2021. Image #3: Photographer Liang Yen Hsiung, Silence, 2021. Image #4: Photographer Liang Yen Hsiung, Healing, 2021. Image #5: Photographer Liang Yen Hsiung, TGrowth, 2021.
Anggota Tim Proyek: Design Director:LIU LIEH-WEI Designer: LIN YI-CHIA Designer: LIOU YEU-YANN
Nama Proyek: Origin
Klien Proyek: LIEH-WEI LIU


Origin IMG #2
Origin IMG #3
Origin IMG #4
Origin IMG #5
Origin IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang