Gilak Villa: Menggabungkan Arsitektur Tradisional dan Modern dalam Desain Berkelanjutan

Desain Villa Kontemporer yang Menghormati Warisan Arsitektur Iran

Dalam era modern ini, bagaimana kita dapat menggabungkan teknik arsitektur tradisional dengan teknologi modern untuk menciptakan bangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan? Gilak Villa, sebuah proyek arsitektur yang dirancang oleh Davood Salavati dan timnya, memberikan jawaban yang menarik.

Gilak Villa adalah sebuah konsep desain yang terinspirasi dari arsitektur tradisional Iran. Desain ini mencoba untuk menggabungkan teknik iklim dari daerah beriklim sedang dan lembab di Iran, yang mengendalikan kelembaban, angin, dan radiasi, untuk mendekatkan standar hidup ke kisaran kenyamanan. Teknik-teknik ini bekerja dengan baik dalam bentuk teknik geometri sembilan persegi dan didasarkan pada geometri arsitektur Iran dan karpet Iran.

Massa utama bangunan dibentuk di sekitar sumbu sentral, yang dirancang sebagai ruang hampa yang terintegrasi dan di semua lantai, ada bukaan ke arah ini dari semua empat arah, yang menyebabkan aliran udara dan kelembaban untuk melarikan diri dari dalam bangunan. Jalur pergerakan sekeliling, yang ada sebagai koridor di sekitar bangunan, membantu aliran udara dan mencegah pengekangan udara.

Perpanjangan atap-atap pada koridor di sekeliling bangunan mengendalikan sinar matahari langsung di dalam bangunan pada musim panas dan mencegah suhu sekitar naik. Atap yang miring dan seragam di semua empat sisi bangunan dapat mengendalikan air hujan dan pada akhirnya, mengarahkan air hujan ke jalur untuk pengumpulan dan penggunaan kembali. Selain itu, permukaan atap yang terintegrasi memberikan kemampuan untuk menggunakan panel fotovoltaik.

Kontrol radiasi, kelembaban, dan aliran udara di seluruh bangunan adalah otomatis dengan konsumsi energi non-terbarukan minimal. Desain ini memenangkan Silver dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022, sebuah penghargaan yang diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa.

Gilak Villa adalah contoh bagaimana kita dapat menciptakan desain yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan menggabungkan teknik arsitektur tradisional dan modern. Ini adalah langkah maju dalam arsitektur berkelanjutan dan dapat menjadi inspirasi bagi desainer dan arsitek di seluruh dunia.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Davood Salavati
Kredit Gambar: Davood Salavati
Anggota Tim Proyek: Davood Salavati Amirali Sharifi Nazli Azarkhsh.
Nama Proyek: Gilak
Klien Proyek: Davood Salavati


Gilak  IMG #2
Gilak  IMG #3
Gilak  IMG #4
Gilak  IMG #5
Gilak  IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang