Zen dan Manusia: Residensi dengan Pesona Humanistik dan Gaya Zen

Desain Erian Yen yang Menggabungkan Estetika Industri dan Zen dalam Satu Ruang

Desain interior yang menggabungkan estetika industri dan Zen, menciptakan ruang yang tenang dan penuh pesona humanistik. Dengan memanfaatkan bahan-bahan bangunan yang umum, Erian Yen berhasil menciptakan suasana yang halus dan menarik.

Desain tim Erian Yen menghadirkan keindahan Zen yang tenang ke dalam ruang melalui warna dan material. Nada gelap diperkaya oleh tekstur serat kayu, sementara nada terang dipadukan dengan kecerahan teraso. Baik veneer kayu gelap maupun teraso memiliki tekstur alami yang khas. Tim desain menghilangkan desain yang rumit dan menjadikan tekstur sebagai sorotan ruang. Sentuhan akhir dari garis minimalis dan gaya industri menghadirkan residensi yang halus dengan pesona humanistik modern dan gaya Zen Jepang.

Proyek ini berbasis 'Zen' dengan gaya modern dan industri untuk menciptakan ruang yang tenang dengan pesona humanistik. Tim desain mengadopsi rak bar terbuka dan kabinet tersembunyi untuk mengurangi volume ruang yang berlebihan dan memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan untuk bahan bangunan, semuanya memiliki nada warna yang sama. Cat, plester, kaca, teraso, pelapisan titanium, dll. masing-masing memiliki refraksi yang berbeda dan dapat menciptakan berbagai efek visual. Langit-langit dirancang dengan bentuk melengkung. Di satu sisi, dapat mengurangi tekanan langit-langit, dan di sisi lain, dapat membuat pencahayaan merata.

Proyek ini adalah rumah baru seluas 68 meter persegi dengan 3 plus 1 kamar tidur dan ruang tamu. Tim desain memanfaatkan balok langit-langit di area lounge terbuka untuk menciptakan suasana yang berbeda dari ruang tamu dan ruang makan. Karena balok tersebut berada di lokasi yang sempurna untuk layar proyeksi, tim desain menggunakan veneer kayu gelap untuk membungkus balok di sekitar bingkai, memberikan ruang tambahan 'dinding TV tersembunyi'.

Zen adalah tanpa batas. Ruang publik terbuka sepenuhnya fungsional. Ruang tamu juga berbeda dari standar, hanya dengan sofa untuk mengekspresikan tema. Hanya ada relaksasi dan kesadaran diri di ruang tersebut, yang sesuai dengan tema setiap ruang. Tim desain memanfaatkan balok untuk mengatur layar proyeksi untuk memenuhi kebutuhan fungsional rumah yang diperlukan dan tema desain.

Proyek ini selesai pada April 2022 di Taiwan. Tim desain menyuntikkan elemen modern ke dalam ruang Zen sambil mempertahankan ketenangan dalam campuran gaya. Gril sedikit dekoratif dalam gaya Amerika, sementara pola plester mengungkapkan gaya industri. Nada warna bahan bangunan adalah sama. Tim desain menggunakan refraksi bahan yang berbeda untuk menciptakan efek visual yang unik. Nada warna yang berbeda di ruang yang berbeda melambangkan perubahan batas di satu sisi, dan di sisi lain, mereka lebih sesuai dengan transformasi keadaan pikiran area publik dan pribadi.

Proyek ini memenangkan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kreativitas. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Erian Yen, Jimmy Chen
Kredit Gambar: Triple men design studio
Anggota Tim Proyek: Erian Yen, Jimmy Chen
Nama Proyek: Zen and People
Klien Proyek: Erian Yen, Jimmy Chen


Zen and People IMG #2
Zen and People IMG #3
Zen and People IMG #4
Zen and People IMG #5
Zen and People IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang