Aw Siao Ping dan Meja Kopi "Folding Seasons": Seni Bertemu Fungsi

Perpaduan Antara Seni, Fungsi, dan Inovasi dalam Desain Meja Kopi

Aw Siao Ping, desainer terkemuka, menciptakan karya seni yang berfungsi sebagai meja kopi, berjudul "Folding Seasons". Desain ini mencerminkan siklus musim dan perubahan alam, menggabungkan estetika dan fungsi dalam satu bentuk.

Aw Siao Ping terinspirasi oleh perubahan musim yang tidak pernah terjadi secara tiba-tiba, tetapi merupakan transformasi bertahap dari momen yang berlalu. Dengan mengambil ideologi dari siklus dan perubahan 4 musim, ia menciptakan bentuk patung ini dengan menggabungkan 4 elips dan 'meregangkannya' untuk menciptakan aliran linier yang halus namun berkelanjutan.

"Folding Seasons" terdiri dari 4 cincin saling mengunci (4 musim) yang digabungkan menjadi satu garis tanpa henti yang membentuk simpul, menanamkan makna simpul pada hubungan yang selalu berkembang. Cincin tersebut mewakili; Penyembuhan alami, energi, emosional, dan spiritual, yang ditenun untuk mencapai keseimbangan holistik untuk kesejahteraan dan hidup sehat. Unit vas pusat memberikan kesempatan untuk preferensi tanaman dan personalisasi sambil berfungsi sebagai mekanisme pengunci untuk bagian atas kaca dan dasar.

Struktur kayu terdiri dari 2 unit plywood pesawat utama yang dipotong laser dan digabungkan untuk membentuk. Setiap unit terbuat dari 4 potongan plywood tebal 4mm dan melalui proses pembengkokan uap, potongan-potongan yang telah dibentuk sebelumnya ini ditempel dan dibentuk dengan tekanan. Seiring puncak dan lembah undulasi, 8 titik penyangga dibuat sementara 4 titik tertinggi menjadi dasar meja dan 4 lainnya mendukung bagian atas kaca. Oleh karena itu, distribusi berat maksimum dan stabilitas dicapai.

Proyek ini dimulai pada Juni 2021 dan selesai pada Juni 2022 di Singapura. Pengembangan lebih lanjut untuk produksi massal saat ini sedang berlangsung. Versi 'lipatan' 3 dan versi 'tabung' saat ini sedang dikembangkan juga.

Desain ini dianugerahi Iron dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2023. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aw Siao Ping
Kredit Gambar: Aw Siao Ping
Anggota Tim Proyek: Aw Siao Ping
Nama Proyek: Folding Seasons
Klien Proyek: Aw Siao Ping


Folding Seasons IMG #2
Folding Seasons IMG #3
Folding Seasons IMG #4
Folding Seasons IMG #5
Folding Seasons IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang