Sofan: Meleburkan Budaya Tradisional dengan Desain Modern

Meja Lipat yang Unik dan Fungsional oleh Qi An

Dalam kehidupan yang terus berubah, furnitur budaya duduk tradisional seperti Soban masih sering digunakan dalam kehidupan kontemporer. Furnitur selalu menjadi medium untuk memperlihatkan cara hidup manusia, dan kita dapat memahami budaya dan struktur sosial era tersebut melalui furnitur. Soban telah berubah dari kebutuhan dengan fungsi meja makan dan transportasi menjadi furnitur tambahan dalam kehidupan kontemporer. Oleh karena itu, desain Soban modern perlu mempertimbangkan kembali budaya dan perilaku pengguna agar dapat memenuhi gaya hidup modern.

Dengan memperluas struktur kipas tradisional Tiongkok, nampan baru terbentuk. Soban dapat digulung untuk penyimpanan, yang sangat meningkatkan mobilitas piring kecil. Bagian atas meja dapat dibuat dalam gaya yang berbeda sesuai dengan bahan yang berbeda. Dengan kaki meja yang terbuat dari kayu yang berbeda, terbentuk berbagai kombinasi ko-eksistensi tradisional dan modern serta memiliki kemungkinan pengembangan yang tak terbatas.

Bahan tubuh meja terbuat dari kayu toon, dan bagian-bagian atas meja dipisahkan dengan teknologi pemotongan CNC, dan bagian-bagian yang berbeda dihubungkan oleh pipa baja di dalamnya. Dengan lebar 500mm * kedalaman 500mm * tinggi 260mm, Soban ini memiliki spesifikasi yang tepat.

Dengan melipat meja, penyimpanan meja menjadi mudah. Meja ini dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan tergantung pada berbagai bahan yang digunakan. Proyek ini dimulai pada Maret 2022 dan selesai pada September 2022 di Seoul.

Dengan mengamati kehidupan penduduk Tiongkok di Beijing, kami menganalisis lingkungan hidup orang Tiongkok berdasarkan perangkat lunak Noldus, dan setelah memahami kebiasaan dan kebutuhan sehari-hari orang Tiongkok, kami mempelajari perilaku ruang, waktu, dan pengguna. Ditemukan bahwa mobilitas dan furnitur portabel adalah kebutuhan baru masyarakat, sehingga desain furnitur ini diusulkan.

Melalui analisis kebutuhan pengguna, pengulangan tinggi dari perilaku pengguna yang menghasilkan pengulangan garis gerakan, serta masalah penyimpanan pengguna dan karakteristik penggunaan furnitur lainnya, diusulkan untuk mencapai fungsi furnitur nomaden melalui Desain Furnitur Menggunakan Pola. Pada saat yang sama, dikombinasikan dengan teori desain, struktur, fungsi, dan bentuk penggunaan meja dirancang. Melalui beberapa derivasi, ukuran dan struktur "Sofan" akhirnya ditentukan.

Dengan menggabungkan budaya dan perilaku pengguna, elemen fungsional dan estetika Soban tradisional diubah ulang agar sesuai dengan budaya kehidupan modern, dan bahan dan teknologi baru digunakan untuk mengembangkan dan memproduksi produk ini. Dengan sesuai dengan perubahan karakteristik perilaku manusia pada periode yang berbeda, furnitur yang tahan lama menjadi abadi dan juga dapat mewujudkan pengembangan berkelanjutan desain dan penggunaan furnitur.

Desain ini telah meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Furniture Design Award 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Qi An
Kredit Gambar: Image #1 : Photographer (An Qi / designer) Image #2 : Photographer (An Qi / designer) Image #3 : Photographer (An Qi / designer) Image #4 : Photographer (An Qi / designer) Image #5 : Photographer (An Qi / designer) Video Credits: Editor(Zhang Jianrui/ Editor)
Anggota Tim Proyek: Qi An
Nama Proyek: Sofan
Klien Proyek: Qi An


Sofan IMG #2
Sofan IMG #3
Sofan IMG #4
Sofan IMG #5
Sofan IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang