Transformasi Hotel Menjadi Ruang Makan Modern yang Menawan

Desain oleh Si-Jhe Lin

Sebuah proyek desain menarik telah berhasil mengubah sebuah hotel menjadi ruang makan yang stylish dan modern. Desainer Si-Jhe Lin berhasil menciptakan suasana santai dan nyaman dengan menggabungkan elemen pencahayaan, palet warna, dan identitas korporat yang unik. Dalam proyek ini, desainer berhasil menghilangkan objek-objek usang dan menambahkan elemen-elemen modis dan pencahayaan yang populer saat ini untuk menciptakan ruang yang memenuhi kebutuhan klien dan memiliki atmosfer resor yang santai.

Salah satu keunikan desain ini terletak pada penggunaan pencahayaan yang cerdas. Desainer menggunakan lampu sorot dan pola garis titanium hitam dan emas mawar untuk memberikan aksen pada area tersebut. Seri lukisan laut yang tergantung dengan bantal berbentuk batu menyatu dengan elemen alam lokal. Warna biru digunakan sebagai warna utama, sementara langit-langit putih menciptakan gambaran langit biru, awan putih, dan lautan. Dinding hijau buatan memberikan sentuhan kehijauan pada ruang B1. Meja makan satu potong terbuat dari batu buatan yang membuat ruang makan terlihat cerah dan stylish, sementara bahan-bahan makanan yang berwarna-warni menjadi sorotan dalam ruangan tersebut. Cermin bulat di dinding memperluas ruang, dan lampu LED bulat di pulau dapur menggambarkan cermin tersebut.

Teknologi yang digunakan dalam merealisasikan desain ini melibatkan berbagai bahan bangunan seperti batu buatan, cat panggang, kaca moru, bagian besi, dinding hijau buatan, kain, hiasan berlapis titanium, kain dinding, dan panel batu berwarna beige. Meja makan terbuat dari batu buatan yang kuat dan tahan aus, sehingga dapat menghindari kontaminasi minyak di celah-celahnya. Salah satu dinding utama adalah dinding hijau buatan untuk menciptakan suasana segar dan hidup dari kehijauan di B1. Bahan-bahan lain yang ramah lingkungan dan tidak beracun menciptakan lingkungan makan yang sehat dan aman yang juga estetis dan praktis.

Proyek ini memiliki total luas 995 meter persegi, dengan kamar tamu, koridor, area barang dagangan, dan restoran. Bangunan ini memiliki empat lantai, masing-masing dengan luas 178,5 meter persegi (tidak termasuk koridor) dan koridor sepanjang 34,7 meter persegi. Area barang dagangan di lantai dasar memiliki luas sekitar 23,1 meter persegi, sementara restoran di lantai B1 memiliki luas 142,1 meter persegi.

Desain ini menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis. Proyek ini berlokasi di sebuah pulau terpencil, sehingga sulit untuk mendistribusikan dan mengatur tim kerja. Para desainer juga tidak dapat mengawasi seluruh proyek secara langsung. Oleh karena itu, kecuali untuk bagian-bagian penting, para desainer sebagian besar memecahkan masalah dan mengikuti perkembangan melalui foto atau video. Dalam batasan waktu dan jarak, mereka harus membuat keputusan mendesak dan menyesuaikan gambar untuk berbagai situasi yang tak terduga. Beberapa bahan bangunan sulit didapatkan dan harus dipesan dari Taiwan, yang membuat para desainer harus mempertimbangkan risiko kerusakan dan waktu pengiriman.

Proyek ini merupakan gaya santai modern yang tidak menekankan dekorasi dan gaya, tetapi menciptakan lingkungan yang nyaman dan santai. Untuk mencerminkan lantai restoran asli, pegangan tangga kayu massif, dan elemen-elemen lainnya, para desainer menggunakan keahlian mereka untuk mengubahnya dan menerapkan warisan baru dan lama. Dinding hijau buatan di restoran B1 membawa kehijauan ke dalam ruang bawah tanah untuk mengatasi kurangnya cahaya dan kebosanan. Sementara itu, warna biru dalam ruangan dapat menstabilkan suasana hati dan meredakan tekanan.

Proyek ini berhasil meraih penghargaan Bronze dalam A' Design Award 2023 kategori Interior Space, Retail, and Exhibition Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini juga diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hsi-Che Lin
Kredit Gambar: Da-lotus Interior Decoration Design Limited Company
Anggota Tim Proyek: SI-JHE LIN
Nama Proyek: Transformation
Klien Proyek: Hsi-Che Lin


Transformation IMG #2
Transformation IMG #3
Transformation IMG #4
Transformation IMG #5
Transformation IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang