Cozy Moment: Klinik Gigi Anak dengan Sentuhan Resort

Desain Klinik Gigi Anak yang Menggabungkan Elemen Resort dan Kenyamanan oleh Pao-Chieh Chou

Proyek kedua antara desainer Pao-Chieh Chou dan kliennya ini menghasilkan sebuah klinik gigi anak yang memadukan elemen resort dan kenyamanan. Dengan detail sebagai sorotan, ruang ini menciptakan atmosfer yang tenang dan nyaman, sekaligus fungsional.

Pao-Chieh Chou, desainer yang berkolaborasi dengan klien untuk kedua kalinya, menciptakan sebuah klinik gigi anak yang membutuhkan ruang yang cukup untuk konsultasi dan perencanaan guna menghindari cedera pada anak-anak. Dalam proyek ini, Chou menggabungkan elemen resort dan rekreasi dengan detail sebagai sorotan, menciptakan ruang yang bersih, cerah, namun tetap fungsional.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah penggunaan lengkungan lembut. Saat memasuki klinik, terdapat dua meja dan area tunggu yang digambarkan oleh lengkungan. Langit-langit dan lantai area tunggu telah ditingkatkan untuk mempertahankan kondisi asli ruang tersebut. Melalui perencanaan tangga, area tunggu menjadi tempat untuk istirahat pikiran.

Elemen mentah seperti rotan dan kayu digunakan dalam laminasi dan furnitur, yang dapat mengekspresikan keaslian ruang dan memberikan berbagai efek visual. Material bangunan seperti grille, cat mineral, ubin, rotan, terazzo, cat panggang, kaca, dan lainnya digunakan dalam realisasi desain ini. Desainer membedakan garis dalam detail dengan menggunakan teknik piecing yang berbeda. Misalnya, serat kayu dipotong dengan potongan herringbone atau vertikal, sementara area besar dicat dengan cat matte. Tekstur lukisan tangan yang lembut memberikan permukaan sentuhan pantai, seperti resort.

Proyek ini adalah toko bekas seluas 161,9 meter persegi dengan empat klinik, ruang sterilisasi, ruang X-ray, area meja, area tunggu, dan ruang bermain anak-anak. Tanpa mengubah struktur asli, desainer mempertahankan tata letak melingkar sebagai area tunggu. Kelengkungan langit-langit dan lantai memungkinkan pembagian area secara alami. Setiap area dihubungkan oleh jendela melengkung, tetapi lengkungan menciptakan pembagian yang menarik.

Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah penyajian gaya. Karena tidak ada klinik bergaya resort untuk referensi, desainer harus mulai dari awal untuk mengambil elemen referensi. Pada akhirnya, desainer mengkonsolidasikan tiga poin: desain yang tidak rumit, kenyamanan visual, dan palet warna minimalis. Inti dari desain ini adalah mengetahui bagaimana menyesuaikan dan mengubah bahan bangunan secara fleksibel tanpa banyak pilihan.

Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memvalidasi pengalaman dan kecerdasan. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: PAO-CHIEH CHOU
Kredit Gambar: Lin Fu Ming
Anggota Tim Proyek: PAO-CHIEH CHOU
Nama Proyek: Cozy Moment
Klien Proyek: PAO-CHIEH CHOU


Cozy Moment IMG #2
Cozy Moment IMG #3
Cozy Moment IMG #4
Cozy Moment IMG #5
Cozy Moment IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang