Nippon Shinyaku Koku: Desain Ruang Kantor yang Inovatif

Merangkum Kreativitas dan Fungsi dalam Desain Interior

Desain Nippon Shinyaku Koku, yang dibuat oleh Reiichi Ikeda, menghadirkan ruang kantor yang unik dan inovatif. Dengan menggabungkan konsep "tuzukima" dalam arsitektur Jepang, desain ini menciptakan ruang terbuka yang mengendalikan kesadaran dan menjadi tempat yang sesuai dengan individu.

Desain ini mengubah ruang kantor di markas besar Nippon Shinyaku, perusahaan farmasi yang berbasis di Prefektur Kyoto. Dibangun di sudut situs yang luas dekat stasiun Nishioji, di mana beberapa gedung perkantoran berdiri berdampingan. Proyek ini dimulai pada akhir 2019 untuk memperingati ulang tahun ke-100 pendirian perusahaan, namun harus dihentikan sementara karena penyebaran virus corona yang belum pernah terjadi sebelumnya. Akhirnya, proyek ini selesai pada musim panas 2021.

Desain ini memiliki keunikan tersendiri. Dalam hal ini, lantai menggunakan ubin magnetik dengan dasar mortar, sementara dinding menggunakan dasar PB AEP. Langit-langit menggunakan dasar pelat yang sudah ada. Meja besar menggunakan kayu magashiro dengan lapisan pewarnaan, sementara pencahayaan menggunakan lampu gantung kustom dari kuningan. Selain itu, desain ini juga memperhatikan aspek keberlanjutan dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Desain ini juga menciptakan batas antara dalam dan luar ruangan yang tidak jelas. Dengan menggunakan ubin lantai yang awalnya dirancang untuk lingkungan luar, desain ini membiarkan ubin tersebut meluap ke dalam ruang dalam, bahkan memotong dinding kaca berbentuk V yang ada. Selain itu, desain ini juga menggabungkan konsep "tsuzukiai" yang ada dalam gaya sukiya bangunan tradisional Jepang. Dengan demikian, rangka baja yang mengikuti garis-garis fusuma (pintu geser kertas Jepang) tersebar di sepanjang balok rangka. Dinding-dinding ini tidak hanya berfungsi untuk memastikan privasi atau isolasi suara, tetapi juga menciptakan ruang terbuka sambil mengendalikan kesadaran pengamat untuk menekankan bentuk yang lembut dari area individu.

Desain ini berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian. Dengan memperhatikan latar belakang Kyoto, desain ini menciptakan ruang yang menghubungkan interior dengan luar ruangan, meskipun bangunan ini tidak menghadap jalan umum seperti sebelumnya.

Desain Nippon Shinyaku Koku merupakan contoh nyata dari bagaimana desain interior dapat menggabungkan keunikan, fungsi, dan keindahan. Dengan menghadirkan ruang kantor yang inovatif, desain ini memberikan pengalaman kerja yang unik bagi para karyawan. Desain ini juga menggambarkan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan inspiratif.

Sumber Gambar: Yoshiro Masuda

Penghargaan dan Pengakuan: Desain ini meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2023 untuk kategori Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menghadirkan pengalaman dan kecerdikan yang otentik. Desain ini juga dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Reiichi Ikeda
Kredit Gambar: Photographer:Yoshiro Masuda
Anggota Tim Proyek: design/REIICHI IKEDA DESIGN Reiichi Ikeda partner/Aji Architects Tomoko Nagahiro lighting/Modulex Jun Ikeda bgm/Espec Junji Ozono curtain/fabricscape Kiyohiko Yamamoto green/Bond Satoshi Tanii art/Tokuhiro Kano funiture/inter office Akio Hayashi custom lighting/vaoplace Hirohumi Oba interactive Satoshi Kamewaka sign/kantaro Midori Hirota Constructor/Kanazawa Contruction Hideki Kanazawa Photographer/Yoshiro Masuda Photographer:Yoshiro Masuda
Nama Proyek: Nippon Shinyaku Koku
Klien Proyek: Reiichi Ikeda


Nippon Shinyaku Koku IMG #2
Nippon Shinyaku Koku IMG #3
Nippon Shinyaku Koku IMG #4
Nippon Shinyaku Koku IMG #5
Nippon Shinyaku Koku IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang