Taichung Public Library: Menggabungkan Alam dan Peradaban dalam Desain Branding

Branding yang Menyatu dengan Alam dan Peradaban

Desain ini diilhami oleh konsep "Perpustakaan di Taman, Museum Seni di Hutan". Sistem merek ini fokus pada perpaduan antara "alam" dan "peradaban". Logo ini terinspirasi dari buku dan karakter Tionghoa "Chung" dari Taichung. Penampilan arsitektur juga menjadi sumber inspirasi, dengan Perpustakaan yang menjulang tinggi di tengah hutan, menyatukan elemen alam dan budaya. Ini memungkinkan seseorang merasakan pengaruh peradaban modern sambil dikelilingi oleh keindahan alam hutan yang alami.

Desain ini memiliki keunikan yang mencolok dengan menggunakan grafik dalam blok sebagai elemen desain utama. Desain ini menggabungkan buku dan karakter Tionghoa "Chung", dan sejajar dengan desain persegi bangunan. Pola yang bergelombang pada logo ini menggambarkan fleksibilitas, seperti menyelam ke dalam lautan buku. Warna hijau melambangkan alam dan pertumbuhan, sesuai dengan misi Perpustakaan. Sementara itu, blok hitam memberikan kontras visual dan menunjukkan stabilitas dan otoritas, mencerminkan peran Perpustakaan sebagai sumber pengetahuan yang dapat diandalkan.

Semua grafik dibuat dan dirancang dengan menggunakan Adobe Illustrator dan Photoshop. Logo ini memiliki spesifikasi ukuran minimum: 35mm x 6.5mm.

Logo ini dapat disesuaikan dan digunakan sebagai tanda luar bangunan, tergantung pada nama cabang perpustakaan. Logo ini juga dapat diaplikasikan pada merchandise perpustakaan. Dengan perluasan unit grafik dan palet warna, identifikasi dapat hadir pada berbagai produk dan dokumen resmi dengan sistem ini.

Proyek desain ini berlangsung dari Desember 2020 hingga Januari 2021 di Taiwan. Dalam merancang desain ini, desainer menghadapi tantangan kurangnya informasi yang tersedia karena Perpustakaan ini baru akan dibuka pada tahun 2025. Keterbatasan data ini menimbulkan kesulitan yang signifikan dan membutuhkan pemikiran kreatif dan imajinatif untuk menciptakan desain yang secara akurat mencerminkan inti dan identitas Perpustakaan. Selain itu, desainer harus tetap fleksibel terhadap perubahan apa pun yang mungkin terjadi dalam beberapa tahun mendatang, sehingga desain akhir tetap relevan dan efektif saat Perpustakaan dibuka.

Sebagai bangunan pertama di Taiwan yang menggabungkan museum seni dan perpustakaan, penciptaan sistem branding Taichung Public Library berfokus pada perpaduan antara alam dan peradaban. Filosofi desain ini menekankan integrasi yang mulus antara arsitektur modern dengan elemen alam dan bertujuan untuk membangkitkan rasa segar dan rasa ingin tahu. Sistem branding ini menciptakan suasana yang mendorong pengunjung untuk menyelami beragam pengalaman budaya yang ditawarkan oleh Perpustakaan dan menikmati keseimbangan antara peradaban kontemporer dan ketenangan hutan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yichun Lin
Kredit Gambar: Photographer Keith Camiller, 2017 Photographer Ryunosuke Kikuno, 2020 Photographer Gabriel Sollmann, 2018 Photographer Aarón Blanco Tejedor, 2017
Anggota Tim Proyek: Art Director: Yichun Lin
Nama Proyek: Taichung Public Library
Klien Proyek: Yichun Lin


Taichung Public Library IMG #2
Taichung Public Library IMG #3
Taichung Public Library IMG #4
Taichung Public Library IMG #5
Taichung Public Library IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang