Ancora: Revitalisasi Komunikasi Analog Melalui Desain Brand Identity

Keiichiro Yanagi - Harajuku Design Inc.

Pendahuluan

Ancora adalah sebuah toko merek yang menjual pulpen dan alat tulis. Di era digitalisasi dan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, Ancora fokus pada pemulihan komunikasi tatap muka secara analog. Ancora mempertimbangkan kembali nilai-nilai ini di mana cara mereka menulis, menggambar dari hati memberikan kebahagiaan yang juga memberikan pengalaman khusus seperti pulpen yang dapat disesuaikan dengan berbagai cara; dan pencampuran tinta menggunakan shaker koktail.

Isi

Desain Ancora memiliki keunikan yang membedakannya dari yang lain. Merek ini mengikuti ritual dasar menulis: mengisi pulpen dengan tinta, menggaris-garisinya sebelum menulis, dan sebagainya. Dengan menggunakan desain "untuk semua orang", Ancora menyatukan kesederhanaan bentuk dengan kompleksitas kustomisasi. Simbol merek ini menunjukkan garis tulisan tangan dari ujung pulpen (sebagai coretan) dengan huruf "A" di tengah yang merupakan huruf awal dari nama merek. Desain grafis ini mengungkapkan tetes tinta berwarna dan garis tulisan tangan yang ditulis oleh pulpen.

Teknologi yang digunakan dalam pembuatan produk dan kemasan Ancora sangat beragam. Banyak bahan yang digunakan dalam penciptaan produk ini.

Spesifikasi desain Ancora dapat bervariasi karena ada berbagai jenis produk yang ditawarkan.

Ancora merupakan toko merek yang menjual pulpen dan alat tulis. Di era digitalisasi dan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, Ancora fokus pada pemulihan komunikasi tatap muka secara analog. Ancora mempertimbangkan kembali nilai-nilai ini di mana cara mereka menulis, menggambar dari hati memberikan kebahagiaan yang juga memberikan pengalaman khusus seperti pulpen yang dapat disesuaikan dengan berbagai cara; dan pencampuran tinta menggunakan shaker koktail.

Kesimpulan

Sebagai hadiah, pulpen bukan hanya sempurna tetapi juga memberikan cerita tersendiri. Toko Ancora yang dibuka pada Maret 2020 di Tokyo, Jepang, menawarkan pengalaman dunia alat tulis yang berwarna-warni. Dengan menggunakan tinta yang dapat diisi ulang, semua orang dapat menikmati keindahan menulis dan menggambar dengan pulpen Ancora.

Desain Ancora telah diakui dengan penghargaan Platinum dalam A' Design Award 2023. Penghargaan ini mengakui desain yang luar biasa, inovatif, dan sangat profesional yang menunjukkan kecerdasan dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Ancora adalah contoh estetika yang mendefinisikan era ini, memajukan batas-batas seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan yang luar biasa dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Keiichiro Yanagi
Kredit Gambar: Keiichiro Yanagi
Anggota Tim Proyek: Creative director: Keiichiro Yanagi Art directior: Keiichiro Yanagi Graphic designer: Joséphine Grenier Graphic designer: Yuka Minamino Graphic designer: Ryusei Sakurai Photography: Takashi Takayama Project manager: Minoru Aoishi Producer: Miho Nishikawa
Nama Proyek: Ancora
Klien Proyek: Keiichiro Yanagi


Ancora IMG #2
Ancora IMG #3
Ancora IMG #4
Ancora IMG #5
Ancora IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang