Tai Side Table: Menghidupkan Kembali Material Bekas Menjadi Karya Seni

Desain Meja Samping yang Ramah Lingkungan dan Estetis

Dalam era yang semakin sadar akan lingkungan, upaya untuk mengurangi emisi karbon dan memanfaatkan kembali material bekas menjadi semakin penting. Desainer Taiwan, Sunriu Design, menghadirkan solusi yang inovatif dengan merancang Tai Side Table, sebuah meja samping yang menggunakan lembaran logam bekas substation untuk menciptakan karya seni yang indah dan ramah lingkungan.

Inspirasi desain Tai Side Table berasal dari IM Pei's The Luce Chapel yang memiliki garis eksterior yang terinspirasi dari doa dengan tangan terlipat di Timur. Desain ini juga memanfaatkan lembaran logam bekas substation yang mudah diproduksi dan dirakit untuk menciptakan mebel yang indah dan ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan lembaran logam yang tidak terpakai, desainer berharap dapat menciptakan mebel yang mudah diproduksi, indah, dan ramah lingkungan.

Tai Side Table memiliki keunikan dalam penggunaan lembaran logam bekas substation yang hanya memerlukan pemotongan laser dan penekukan untuk menyelesaikan prosesnya. Meja samping ini juga memiliki tempat di tengah meja yang dapat digunakan untuk menaruh buku sementara tanpa menggunakan penanda. Struktur di bawahnya terinspirasi dari butterfly stool. Selain itu, bagian atas meja dapat diganti dengan bahan apa pun yang tersedia dan bahkan dapat diubah menjadi meja rendah atau bangku.

Proses produksi Tai Side Table tidak memerlukan cetakan mahal dan tidak terbatas oleh volume produksi minimum. Hanya dengan menggunakan pemotongan laser dan penekukan, meja samping ini dapat selesai diproduksi. Bahkan jika hanya membuat satu meja samping, Anda dapat membuatnya dengan cara melipat logam secara manual. Desain yang dapat dirakit sendiri ini juga dapat mengurangi waktu produksi secara signifikan, sejalan dengan konsep manufaktur digital.

Dalam hal interaksi, tepian logam meja ini dibuat melengkung dan berujung bulat untuk memberikan sentuhan yang nyaman saat memindahkan meja samping ini. Lapisan cat asli dari kotak transformator dapat dipertahankan atau dicat ulang. Desain eksterior yang sederhana dan garis-garisnya yang elegan membuatnya mudah dipadankan dengan sebagian besar interior dan bahkan dapat digunakan di luar ruangan.

Tai Side Table merupakan hasil dari proyek yang dimulai pada Juni 2022 di Kaohsiung, Taiwan. Desain ini merupakan respons terhadap isu pemanasan global dan polusi lingkungan yang semakin mendesak. Dengan memanfaatkan kembali lembaran logam bekas substation, desain ini bertujuan untuk memperpanjang masa pakai material dan memaksimalkan penggunaan sumber daya untuk mengurangi beban terhadap lingkungan.

Tai Side Table telah meraih penghargaan Silver dalam A' Furniture Design Award 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, mengesankan, dan menggambarkan keahlian serta inovasi yang luar biasa. Desain ini menunjukkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang menakjubkan, serta menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SUNRIU Design
Kredit Gambar: Jing Cyuan Tang, 2022.
Anggota Tim Proyek: SUNRIU Design
Nama Proyek: Tai
Klien Proyek: SUNRIU Design


Tai IMG #2
Tai IMG #3
Tai IMG #4
Tai IMG #5
Tai IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang