Perpustakaan Sekolah Dasar Oksoo: Membentuk Ruang Belajar Kreatif dan Inovatif

Yoojin Jang Mengubah Perpustakaan Sekolah Dasar Oksoo Menjadi Ruang Belajar yang Menyenangkan dan Inspiratif

Perpustakaan Sekolah Dasar Oksoo, sebuah proyek renovasi yang dipimpin oleh desainer Yoojin Jang, mengubah ruang belajar konvensional menjadi ruang yang mendorong kreativitas dan inovasi.

Perpustakaan Sekolah Dasar Oksoo, yang telah berdiri lebih dari 30 tahun, telah menjalani transformasi besar-besaran. Dengan inspirasi dari keinginan sekolah untuk menciptakan perpustakaan yang cerah dan mirip taman bermain, Yoojin Jang berhasil menciptakan ruang yang memudarkan batas antara bermain dan belajar. Dalam ruang perpustakaan yang mirip taman bermain ini, siswa dapat duduk di meja mereka, bersandar pada bantal, atau berbaring sambil membaca. Rak buku disusun dengan berbagai cara untuk menampung banyak buku, seperti rak buku dua rel dan rak buku lainnya yang disesuaikan dengan tingkat mata anak-anak.

Proyek renovasi ini merupakan bagian dari proyek renovasi sekolah negeri yang disponsori oleh Kantor Pendidikan Metropolitan Seoul. Proyek ini bertujuan untuk mengubah fasilitas konvensional yang lama menjadi ruang pendidikan yang kreatif dan inovatif. Dengan mempertimbangkan bahwa pencahayaan dan langit-langit memainkan peran penting dalam menciptakan suasana, langit-langit dicat biru langit, produk pencahayaan dipilih tergantung pada ruang, dan beberapa lampu LED yang ada digunakan kembali.

Beberapa lantai dipanaskan, sehingga siswa dapat melepas sepatu mereka, berbaring, dan membaca dengan bebas. Ruang ini sangat populer di musim dingin. Sebelumnya, cahaya yang menghadap selatan sangat kuat sehingga mengganggu membaca, sehingga tirai selalu diturunkan dan beberapa jendela diblokir dengan rak buku. Ruang pustakawan luas dan ruang penyimpanan berlimpah, mereka ditempatkan untuk memungkinkan tampilan interior seluruh perpustakaan.

Anggaran terbatas sekolah negeri membuatnya sulit, tetapi setelah banyak konsultasi dengan sekolah dan perusahaan konstruksi, kami berhasil menyediakan perpustakaan yang sangat memuaskan bagi siswa. Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan A' Design Bronze diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kecerdasan.

Perpustakaan Sekolah Dasar Oksoo adalah contoh bagaimana desain dan inovasi dapat berdampak positif pada lingkungan belajar siswa. Dengan menciptakan ruang yang mendorong kreativitas dan inovasi, Yoojin Jang telah membantu membentuk generasi baru pelajar yang terinspirasi dan bersemangat untuk belajar.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: yoojin jang
Kredit Gambar: Photo credit: YouSub Song
Anggota Tim Proyek: yoojin jang
Nama Proyek: Oksoo Elementary
Klien Proyek: yoojin jang


Oksoo Elementary IMG #2
Oksoo Elementary IMG #3
Oksoo Elementary IMG #4
Oksoo Elementary IMG #5
Oksoo Elementary IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang