The Mask: Cafe yang Terinspirasi dari Karnaval Venesia

Konsep Unik dan Mewah yang Membuatnya Berbeda dari Cafe Lainnya

Setelah mengunjungi kota paling indah di Italia, Venesia, selama Karnaval Venesia, salah satu acara terbesar di Italia, saya menemukan bahwa topeng - atribut yang sempurna - membuat Karnaval Venesia menjadi unik dibandingkan dengan karnaval terkenal lainnya di Italia. Maka dari itu, saya memutuskan bahwa topeng akan menjadi konsep utama untuk proyek kedai kopi ini.

Cafe The Mask adalah sebuah kedai kopi yang terinspirasi oleh topeng-topeng warna-warni dalam desain interior mewah hitam dan emas untuk menonjol di antara kedai-kedai kopi pesaing di kota Jeddah. Terdapat banyak kesamaan antara Venesia di Italia dan Jeddah di Arab Saudi.

Semua bahan yang digunakan berasal dari pasar lokal. Namun, perabot dan elemen dekorasi dipesan dari luar negeri. Setelah menerima topeng-topeng Italia dari Venesia, beberapa modifikasi dilakukan sesuai kebutuhan.

Area dalam ruangan memiliki luas sekitar 300 meter persegi, sedangkan area luar ruangan memiliki luas sekitar 180 meter persegi. Interior terdiri dari satu lantai dengan ketinggian 4 meter.

Operasional dan alur kerja berjalan dengan lancar karena semua perabot dan aksesori interior dipesan sejak awal konstruksi dimulai di lokasi. Setelah bangunan selesai, barang-barang tersebut tiba tepat waktu. Hal ini terjadi karena perencanaan yang baik dan paket desain lengkap seperti visual, BOQ, dan sebagainya.

Proyek ini dimulai pada Agustus 2022 di Jeddah dan selesai pada Februari 2023. Proses penyelesaian proyek memakan waktu sekitar enam bulan.

Terdapat tantangan dalam mendapatkan topeng-topeng Italia di pasar lokal. Pembukaan kedai kopi tertunda hingga menerima topeng-topeng tersebut dari Italia karena topeng merupakan salah satu elemen desain utama di dalamnya. Namun, menunggu itu sepadan karena topeng-topeng tersebut digunakan sebagai latar belakang untuk foto-foto yang diambil oleh pengunjung.

Setelah melakukan penelitian yang kompleks tentang kesamaan antara Venesia di Italia dan Jeddah di Arab Saudi dalam berbagai aspek seperti geografis, budaya, sejarah, dan sebagainya, hasilnya harus mencerminkan Venesia dengan pesta mewahnya di mana mereka harus mengenakan topeng untuk menyembunyikan identitas mereka sebagai konsep utama dari kedai kopi ini, namun dengan cara yang sangat unik dan kreatif.

Konsep utama ini terinspirasi oleh topeng-topeng warna-warni dalam desain interior mewah hitam dan emas untuk menonjol di antara kedai-kedai kopi pesaing di kota Jeddah. Terdapat banyak kesamaan antara Venesia di Italia dan Jeddah di Arab Saudi. Oleh karena itu, inspirasinya adalah Venesia dengan pesta mewahnya di mana mereka harus mengenakan topeng untuk menyembunyikan identitas mereka. Topeng yang digunakan di dinding-dinding kedai ini dibawa dari Venesia ke Jeddah untuk digunakan dalam interior yang unik ini.

Gambar-gambar ini dilindungi hak cipta oleh Mea'ad AlAbboud, 2023.

Cafe The Mask telah meraih penghargaan Iron dalam A' Design Award 2023 dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Karya-karya tersebut dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mea'ad Al-Abboud
Kredit Gambar: Image #1 Photographer Adel bin Afif, The Mask Cafe, 2023. Image #2 Photographer Adel bin Afif, The Mask Cafe, 2023. Image #3 Photographer Adel bin Afif, The Mask Cafe, 2023. Image #4 Photographer Adel bin Afif, The Mask Cafe, 2023. Image #5 Photographer Adel bin Afif, The Mask Cafe, 2023.
Anggota Tim Proyek: Mea'ad AlAbboud
Nama Proyek: The Mask
Klien Proyek: Mea'ad Al-Abboud


The Mask  IMG #2
The Mask  IMG #3
The Mask  IMG #4
The Mask  IMG #5
The Mask  IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang