Essence of 220 Years of the Library: Menyambut Ulang Tahun Perpustakaan Nasional Szechenyi

Perayaan 220 Tahun Perpustakaan Nasional Szechenyi Melalui Pameran Interaktif yang Menggabungkan Sejarah dan Inovasi

Pameran "Essence of 220 Years of the Library" dirancang oleh Maria Gazdag untuk merayakan ulang tahun ke-220 Perpustakaan Nasional Szechenyi. Pameran ini menampilkan kompleksitas dan sifat berlapis dari lebih dari sepuluh juta dokumen dalam bentuk pameran edukatif yang terintegrasi.

Pameran ini dan identitas korporat baru yang dibuat untuk perayaan ini saling terkait, memainkan peran penting dalam membentuk citra baru perpustakaan. Ruang umum perpustakaan ini digunakan oleh karyawan dan pembaca serta pengunjung. Bangunan perpustakaan berada di distrik kastil dengan banyak turis yang tertarik dengan apa yang disimpan di dalam bangunan yang mengesankan ini. Oleh karena itu, pameran ini harus dapat berkomunikasi dengan pengunjung yang memiliki pengetahuan latar belakang yang sangat berbeda.

Keberlanjutan menjadi aspek penting yang dipertimbangkan saat merencanakan transformasi ruang besar, kosong, dan agak tidak ramah yang dilapisi marmer. Tujuannya adalah untuk menggunakan bahan struktural sehemat mungkin, yang juga membantu menjaga karakteristik ruang. Mengubah lampu yang mengonsumsi energi tinggi dan menggunakan lampu LED 4000K yang dapat disesuaikan selain mengurangi konsumsi energi juga membantu menciptakan suasana yang lebih ramah.

Sebuah cerita visual memandu pengunjung melalui pameran. Oleh karena itu, bahan dan teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca sepanjang waktu dikutip. Dari permukaan digital hingga kulit, dari beludru hingga kanvas, dari naskah hingga teks cetak, dan lainnya. Warna dan tekstur terkait dengan penjilidan Corvinas, Piagam Pendirian, dan penjilidan buku kanvas.

Ruang pameran agak terfragmentasi. Kerugian ini diubah menjadi keuntungan dengan mengalokasikan tema sesuai dengan ruang daripada memaksa dan mengubah aliran alami. Bagian pameran yang dapat ditafsirkan secara independen dihubungkan dengan cerita visual yang menciptakan cerita yang terintegrasi. Layar interaktif memberikan informasi lebih lanjut dan pengalaman membalik halaman buku yang disimpan di gudang. Di terminal suara, pengunjung dapat mendengarkan rekaman suara lama atau penjaga koleksi saat ini yang berbicara tentang beberapa harta yang disimpan di perpustakaan.

Desain proyek ini dimulai pada Januari 2022 dan tahap kedua selesai di lokasi pada 26 November 2022. Perpustakaan Nasional Szechenyi terletak di Budapest, Hongaria. Pameran ini menerima penghargaan Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023.

Essence adalah pameran edukatif yang dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-220 pendirian Perpustakaan Nasional Szechenyi Hongaria. Sebuah cerita visual berdasarkan sejarah produksi buku dirancang untuk memandu pengunjung melalui ruang yang agak terfragmentasi. Bahan dan teknik yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca sepanjang waktu dipanggil sebagai elemen desain dari kulit hingga permukaan digital, dari beludru hingga kanvas, dari naskah hingga teks cetak. Warna dan tekstur terkait dengan penjilidan Corvinas, Piagam Pendirian, dan penjilidan buku kanvas.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Maria Gazdag
Kredit Gambar: Photographer: Gyorgy Darabos
Anggota Tim Proyek: Creative concept and exhibition design: Maria Gazdag Graphic design: Tamas Takacs
Nama Proyek: Essence of 220 Years of the Library
Klien Proyek: Maria Gazdag


Essence of 220 Years of the Library IMG #2
Essence of 220 Years of the Library IMG #3
Essence of 220 Years of the Library IMG #4
Essence of 220 Years of the Library IMG #5
Essence of 220 Years of the Library IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang