Modulabs: Identitas Visual yang Mendorong Inovasi dan Pertumbuhan

Desainer Wonseon Yu dan Yoonhee Jeong Menciptakan Identitas Visual yang Mewakili Nilai-nilai Modulabs

Modulabs, sebuah komunitas penelitian yang mendorong pertumbuhan, kesejahteraan bersama, dan tantangan, telah merancang sebuah sistem identitas visual yang mencerminkan nilai-nilai tersebut.

Modulabs percaya bahwa setiap orang dapat membuat perbedaan dan mendorong komunitasnya yang penuh semangat untuk mengejar tujuan mereka. Sistem identitas baru ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberdayakan anggota untuk mengambil langkah berani menuju pencapaian potensi mereka yang sebenarnya.

Identitas visual Modulabs mencakup nilai-nilai pertumbuhan, kesejahteraan bersama, dan tantangan. Aturan "Langkah berikutnya menuju besok" menginspirasi kemajuan terus-menerus dan potensi tanpa batas. Kesejahteraan bersama ditekankan melalui sifat kolaboratif dari jenis huruf baru, menciptakan kesesuaian budaya dalam komunitas. Bentuk unik dari jenis huruf mencerminkan nilai tantangan, mendorong pengambilan risiko dan eksplorasi wilayah baru.

Sistem identitas ini dibangun dengan jenis huruf variabel khusus. Ia memiliki satu sumbu "Pertumbuhan", yang memiliki 300 langkah untuk mengekspresikan semua jenis bentuk berbeda saat mengalami pertumbuhan. Setiap huruf digambar dengan hati-hati untuk memberikan nuansa humanistik daripada menghasilkan bentuk secara geometris.

Kami sengaja menghindari bentuk geometris untuk memberikan nuansa yang lebih humanistik daripada memberikan tampilan yang terlalu sistematis. Huruf-huruf dirancang untuk tampak goyah pada pandangan pertama untuk menunjukkan bahwa komunitas ini bukan tentang menciptakan hasil yang sempurna, tetapi lebih tentang tindakan dan petualangan.

Sejak seluruh sistem diwujudkan dengan jenis huruf khusus, anggota Modulabs dapat dengan mudah menyelaraskan dengan nada identitas dengan menggunakan jenis huruf. Kami juga mengintegrasikan beberapa alat internal untuk menciptakan nama anggota komunitas dengan mudah bagi mereka yang bukan desainer.

Proyek ini dimulai pada September 2022 di Seoul dan selesai pada November 2022. Proses rebranding harus cepat dan sederhana karena hanya dua desainer grafis yang bekerja untuk seluruh perusahaan.

Kami mengakui kebutuhan akan identitas visual yang mencerminkan nilai-nilai komunitas kami. Penelitian ekstensif, termasuk survei dan wawancara, membantu kami memahami anggota kami. Kami mengidentifikasi nilai-nilai inti dan misi kami dan menerjemahkannya menjadi kata kunci yang membimbing sistem identitas baru kami.

Mengembangkan identitas visual baru Modulabs merupakan tantangan, karena kami harus meyakinkan komunitas untuk menerima logo tanpa simbol. Kami menunjukkan contoh bagaimana sistem dapat digunakan secara luas dan menciptakan jingle untuk menunjukkan fleksibilitasnya. Komitmen kami terhadap transparansi dan inklusivitas membantu kami menciptakan identitas visual yang mewakili nilai-nilai kami dengan cara yang dinamis dan dapat disesuaikan.

Modulabs telah memenangkan Penghargaan Desain A' Iron dalam Kategori Desain Komunikasi Visual, Ilustrasi, dan Grafis pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Wonseon Yu
Kredit Gambar: Wonseon Yu
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Wonseon Yu Designer: Yoonhee Jeong
Nama Proyek: Modulabs
Klien Proyek: Wonseon Yu


Modulabs IMG #2
Modulabs IMG #3
Modulabs IMG #4
Modulabs IMG #5
Modulabs IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang