Longyin Shanfang: Membawa Estetika Oriental ke Ruang Makan Kontemporer

Desain Ruang Makan yang Menggabungkan Seni, Budaya, dan Kuliner Tiongkok

Longyin Shanfang, sebuah restoran Tiongkok yang merangkul keindahan alam dan estetika Oriental, menciptakan pengalaman makan yang unik dan berkesan.

Longyin Shanfang adalah restoran Tiongkok yang terinspirasi oleh hutan pegunungan di kota-kota dengan keindahan alam. Dengan latar belakang pemandangan alam, nuansa Oriental, dan kualitas yang tenang, restoran ini mengusung konsep desain kontemporer dan berkomitmen untuk menghidupkan kembali gaya hidup elegan, puitis, dan sehat dari estetika Oriental dan rasa unik dari masakan Tiongkok bagi pengunjung yang menghargai kehidupan, rasa, dan makanan di kota.

Longyin Shanfang dirancang berdasarkan eksplorasi filosofi antara manusia dan objek, objek dan ruang, serta ruang dan manusia. Tim desain berdedikasi untuk mengekspresikan semangat budaya unik dari pemandangan dan estetika Oriental dalam delapan dimensi yaitu jalur, paviliun, koridor, lembah, aula, pemandangan, dan nama, menyampaikan keanggunan Oriental dan estetika unik dari orang Tiongkok.

Restoran ini dibuat berdasarkan alam, menggunakan bahan baku alami seperti air, batu, tanah, dan bambu, yang dilengkapi dengan metode desain dan pengolahan kontemporer untuk mengembalikan rasa sederhana dan otentik dari alam sejauh mungkin. Proyek ini mengadopsi metode artistik abstrak, seperti proyeksi laser holografik dan video, untuk menciptakan pemandangan yang berubah-ubah, membuat pengguna merasa seolah-olah mereka tengah berada di dalam pemandangan dan berbaur dengan alam.

Longyin Shanfang mencakup area seluas 800 meter persegi. Restoran ini membawa ide, suasana, dan bahasa seni, dan menggabungkan pesona seni ke dalam desain objek, ruang makan, tempat, dan konsep artistik. Tim desain menciptakan ruang melalui desain dekonstruksi dari lukisan pemandangan Tiongkok, mengekspresikan ruang melalui gambaran dari lukisan bebas Tiongkok, membentuk kembali ruang melalui konsep seni Oriental kontemporer, dan membangun ruang dengan logika dari posisi merek sistematis.

Proyek ini disetujui dan dimulai di Nanjing pada Juni 2021 dan selesai di Nanjing, Tiongkok pada Februari 2022. Dalam budaya pemandangan Tiongkok, gunung memiliki tiga jarak, yaitu jarak tinggi, jarak dalam, dan jarak datar, yang melambangkan inklusivitas, tak berujung, dan luasnya alam. Longyin Shanfang mengadopsi tata letak tiga jarak, membangun pemandangan berlapis dengan pohon, batu, hutan, mata air, gunung, awan, dan paviliun, membatasi tak terbatasnya alam ke dalam satu ruang, dan menciptakan ruang pemandangan kontemporer multidimensi.

Desainer memiliki kemampuan untuk melampaui desain biasa dan membuat tabrakan antara semangat budaya Oriental dan desain seni kontemporer, menginterpretasikan ruang budaya estetika Oriental kontemporer dengan semangat budaya pemandangan, dan menunjukkan rasa seni dan suasana di kota-kota. Tim desain menggabungkan semangat budaya pemandangan dengan esensi makanan Tiongkok untuk menciptakan merek makanan Tiongkok baru dalam konteks estetika Oriental.

Longyin Shanfang yang mengandung keadaan baru dari masakan Huaiyang, suasana pengagum, dan perasaan ruang baru adalah kombinasi dari semangat budaya klasik Tiongkok, puisi tenang alam, dan keindahan desain kontemporer. Ini bukan hanya ruang bagi pengguna untuk menikmati makanan Tiongkok dan alam, tetapi juga tempat perlindungan untuk melarikan diri dari hiruk pikuk dunia dan menenangkan pikiran.

Desain ini dianugerahi Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Silver A' Design Award: Diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Weizhou Yiyuan
Kredit Gambar: Weizhou Yiyuan
Anggota Tim Proyek: Weizhou Yiyuan
Nama Proyek: Longyin Shanfang
Klien Proyek: Weizhou Yiyuan


Longyin Shanfang IMG #2
Longyin Shanfang IMG #3
Longyin Shanfang IMG #4
Longyin Shanfang IMG #5
Longyin Shanfang IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang