Gedung Soleil: Fusi Alam dan Seni dalam Arsitektur

Desain Gedung Oleh Akitoshi Imafuku Menggabungkan Konsep Seni dan Alam

Inspirasi desain gedung ini berasal dari batu raksasa yang berdiri dengan gagah di pegunungan Jepang. Batu tersebut berdiri dengan tenang namun memancarkan martabat yang tenang. Sejak zaman kuno, orang Jepang percaya bahwa roh-roh tinggal di segala hal seperti hutan, batu, air, dan tanaman di alam. Harapannya adalah batu buatan yang didesain akan memegang spiritualitas dari alam.

“Fusi Alam dan Seni” adalah konsep yang mendasari desain gedung Soleil. Gedung ini merupakan kantor perusahaan tenaga surya yang berbasis di Osaka. "Merancang masa depan dengan alam" adalah filosofi perusahaan dan infrastrukturnya dirancang untuk mewujudkan filosofi tersebut dengan menerapkan praktek netral karbon, menggunakan panel surya di atap untuk memberi daya pada gedung.

Desain gedung ini memulai perencanaannya berdasarkan “seni” di ruang tersebut, dan memilih batu buatan sebagai dasar “seni.” Diharapkan dapat merancang pandangan dunia yang dinamis dan spiritual yang bersembunyi di pegunungan dengan menciptakan batu raksasa yang sering terlihat di pegunungan Jepang di kota. Dengan batu buatan dan lapisan kayu vertikal, fasad gedung mencerminkan konsep desain "Fusi Alam dan Seni".

Batu buatan yang tertanam di fasad lantai dasar hingga lantai 2 berlanjut hingga ke pintu masuk dan batu buatan tersebut bergabung dengan patung dengan tema cinta. Seni dilapis di seluruh gedung. Ini adalah kantor perusahaan tenaga surya yang berbasis di Osaka. Mereka berharap dapat merancang pandangan dunia yang dinamis dan spiritual yang bersembunyi di pegunungan dengan menciptakan batu raksasa yang sering terlihat di pegunungan Jepang di kota.

Desain ini telah memenangkan penghargaan prestisius A' Design Award. Penghargaan Silver A' Design diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknisnya yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.

Desain unik ini mencerminkan filosofi perusahaan dan menunjukkan bagaimana seni dan alam dapat digabungkan dalam arsitektur yang inovatif dan berkelanjutan. Dengan mempertahankan keseimbangan antara estetika dan fungsionalitas, gedung Soleil menunjukkan bagaimana desain dapat menjadi pernyataan kuat tentang nilai-nilai dan aspirasi perusahaan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Akitoshi Imafuku
Kredit Gambar: Masahiro Ishibashi
Anggota Tim Proyek: Akitoshi Imafuku
Nama Proyek: The Soleil Building
Klien Proyek: Akitoshi Imafuku


The Soleil Building IMG #2
The Soleil Building IMG #3
The Soleil Building IMG #4
The Soleil Building IMG #5
The Soleil Building IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang