Serenity: Desain yang Memadukan Kenyamanan dan Keindahan

Desain Residensi oleh Chun Hung Chen

Desainer Chun Hung Chen menciptakan rumah yang hangat, menenangkan, dan bergaya untuk pasangan muda yang ingin melarikan diri dari tekanan pekerjaan mereka. Dengan menggabungkan elemen-elemen unik dan tren terkini, desain ini menciptakan ruang yang nyaman dan menenangkan.

Desain ini terinspirasi oleh kebutuhan klien perempuan yang bekerja di ruang operasi yang penuh tekanan dan ingin menciptakan suasana yang khusus dalam hidupnya. Sementara itu, klien laki-laki memiliki restoran dan menyukai produk-produk unik dan tren. Pasangan muda ini membutuhkan rumah yang hangat, menenangkan, dan bergaya untuk melepaskan stres mereka. Oleh karena itu, desainer merancang ruang foyer sebagai area pameran barang-barang mewah, yang dapat menjadi tempat untuk memajang sepatu favorit pria dan galeri syal sutra, serta menciptakan suasana upacara bagi klien perempuan. Seluruh ruang dihiasi dengan warna-warna rendah saturasi untuk menciptakan perasaan santai dan tenang.

Salah satu keunikan desain ini adalah penggunaan cermin abu-abu pada balok 2,3 meter. Desainer menggunakan cermin abu-abu ini untuk memperbesar dan memperlihatkan ruang secara visual. Modifikasi ini menciptakan suasana yang cerah dan terang, membantu keluarga untuk melepaskan diri dari rutinitas kerja yang melelahkan dan memberikan kesempatan untuk bersantai.

Teknologi panel kayu dengan tekstur yang unik digunakan pada dinding untuk memberikan sentuhan kayu yang halus pada ruang yang sederhana. Penggunaan cat juga dikurangi untuk menampilkan suasana alami dari bahan-bahan itu sendiri, yang sempurna menyatu dengan atmosfer ruang dan menciptakan rumah yang paling lembut dan menyenangkan.

Proyek ini memiliki luas 105 meter persegi dengan 3 kamar tidur, ruang makan, dan ruang keluarga. Desainer menggunakan kreativitas untuk memisahkan area publik dan pribadi dengan jelas, serta mengintegrasikan ruang secara horizontal dan vertikal. Cahaya alami masuk ke dalam rumah melalui desain pencahayaan yang baik, menciptakan rumah yang tenang dan santai dengan aliran lalu lintas yang lancar dan harmonis.

Desain ini memperhatikan kebutuhan klien yang suka mengoleksi berbagai barang. Desainer dengan sengaja merencanakan area pameran di ruang tersebut untuk menampilkan koleksi klien. Perencanaan ini tidak hanya meningkatkan tekstur ruang dan menciptakan gaya pribadi, tetapi juga menghadirkan visual baru dengan elemen-elemen yang beragam.

Desain ini selesai pada November 2021 di Taiwan. Untuk menciptakan suasana yang paling santai dan nyaman bagi klien yang sering bekerja di bawah tekanan tinggi, desainer menggunakan warna hitam, putih, dan abu-abu serta ide desain yang cerdas untuk menciptakan rumah yang penuh ketenangan. Desainer juga fokus pada detail, sehingga desainer tidak hanya menggunakan kombinasi berbagai material dan objek untuk menciptakan perasaan yang unik, tetapi juga membantu klien untuk keluar dari suasana lelah dan tegang.

Desain ini memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2022 untuk Kategori Desain Interior, Ruang Pameran, dan Ritel. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menghadirkan pengalaman dan kecerdikan yang otentik. Desain ini menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: No.2 design
Kredit Gambar: No.2 design
Anggota Tim Proyek: CHUN-HUNG CHEN, CHIEN-HSIUNG HUANG
Nama Proyek: Serenity
Klien Proyek: No.2 design


Serenity IMG #2
Serenity IMG #3
Serenity IMG #4
Serenity IMG #5
Serenity IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang