Mood Tree: Komunikasi Emosi dengan Elegan Melalui Memo Holder

Sameh Ibrahim Emam Menghadirkan Inovasi dalam Ekspresi Emosi di Tempat Kerja

Mood Tree, sebuah memo holder yang dirancang oleh Sameh Ibrahim Emam, menawarkan cara unik dan elegan untuk mengkomunikasikan emosi dan perasaan di lingkungan kerja. Mengambil inspirasi dari tradisi Jepang, Mood Tree menggabungkan fungsi praktis dan estetika yang menenangkan.

Di Jepang, menunjukkan emosi yang kuat sering dihindari, terutama dalam situasi formal seperti di tempat kerja atau sekolah. Hal ini bisa membuat lingkungan tersebut menjadi sangat stres dan tidak seimbang. Bonsai, pohon yang menjadi simbol dalam tradisi Jepang, melambangkan harmoni, kedamaian, tatanan pikiran, dan keseimbangan. Mood Tree hadir sebagai cara elegan untuk mengkomunikasikan perasaan dan emosi, dengan tujuan untuk mengembalikan keseimbangan antara pikiran dalam dan reaksi luar.

Mood Tree adalah memo holder unik yang dilengkapi dengan desain memo berbeda (setiap kertas memiliki 2 warna berbeda, "Rose di bagian atas yang mewakili kebahagiaan, dan kuning di bagian bawah yang mewakili kesedihan"). Anda dapat menggunakan memo kapan saja dan ketika Anda membuangnya, Anda akan meletakkannya pada wajah yang mewakili suasana hati Anda saat ini. Atau Anda bisa membalik kertas lama untuk mengekspresikan suasana hati saat ini. Mood Tree dapat digunakan oleh satu hingga tujuh orang.

Mood Tree dibuat dengan teknologi printer 3D. Memo holder yang mewakili pohon Bonsai dibuat dengan filament WoodPLAy Wood Fill PLA yang terlihat, terasa, dan berbau seperti kayu. Filamen ini juga dapat terurai secara biologis. Memo pad dan alas bawah juga dicetak dengan spesifikasi dan material yang sama. Sementara memo dibuat dengan dua warna di kedua sisinya.

Proyek ini dimulai pada Juli 2022 di Jepang dengan tujuan merancang produk desktop yang dapat menyelesaikan masalah sosial dan membuat orang merangkul perubahan dan perbedaan mereka. Konsep selesai pada September 2022, kemudian dicetak 3D dan diuji antara Oktober dan Desember 2022.

Mood Tree adalah bagian dari proyek yang lebih besar tentang menggabungkan permainan dengan desain produk untuk menghasilkan produk yang dapat membantu menyelesaikan masalah besar seperti pemanasan global, kelangkaan sumber daya, dan banyak masalah sosial. Tantangan utama dalam proyek ini adalah bagaimana membuat alat penunjuk suasana hati ini tampak sebagai objek normal dan indah yang dapat ditempatkan di desktop dan juga cocok dengan budaya Jepang.

Desain Mood Tree berhasil meraih penghargaan Iron dalam A' Art and Stationery Supplies Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan untuk kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Sameh Ibrahim Emam
Kredit Gambar: Sameh Ibrahim Emam
Anggota Tim Proyek: Sameh Ibrahim Emam
Nama Proyek: Mood Tree
Klien Proyek: Sameh Ibrahim Emam


Mood Tree IMG #2
Mood Tree IMG #3
Mood Tree IMG #4
Mood Tree IMG #5
Mood Tree IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang