Stonesal: Restoran Kontemporer dengan Sentuhan Tradisional oleh Jeffrey Zee

Merangkum Kesenian, Teknologi, dan Kuliner dalam Sebuah Pengalaman Makan yang Tak Terlupakan

Stonesal, sebuah restoran yang dirancang oleh Jeffrey Zee, menawarkan pengalaman makan yang unik dengan sentuhan seni, teknologi, dan kuliner. Dengan desain yang terinspirasi dari gaya hidup modern yang serba cepat, Stonesal berhasil menciptakan suasana yang segar namun nostalgia, otentik namun presisi, berani namun penuh keceriaan.

Terletak di distrik Nanshan yang trendi di Shenzhen, juga dikenal sebagai Silicon Valley dari China, Stonesal adalah restoran dengan ruang interior seluas 850 meter persegi dan area teras luar yang asri seluas 450 meter persegi dengan kapasitas total sekitar 140 kursi. Fitur desain utama meliputi ruang penuaan kering dengan tinggi ganda, bar pusat transparan berbentuk gurita, dapur terbuka yang luas, etalase anggur di mezanin, 5 ruang VIP pribadi, dan area makan utama dengan ketinggian langit-langit 5 meter.

Fasad eksterior restoran ini merupakan kolase tekstur dengan tembaga, marmer, dan kaca. Material interior utama meliputi marmer transparan, blok garam Himalaya, jaringan logam, papan kayu antik, cermin vintage, panel logam berlubang, cat bertekstur, kulit sapi, batu gelap kasar, dan panel tembaga bertekstur. Patung gurita yang digantung terbalik memiliki diameter lebih dari 2,6 meter dan berat sekitar 1 ton, yang dibuat dengan teknik pencetakan tembaga setelah melalui proses pemodelan dan pencetakan 3D.

Tim desain dan klien melakukan berbagai iterasi desain selama semua fase proyek untuk memastikan fungsionalitas dan fleksibilitas secara keseluruhan. Semua saluran dan peralatan dimodelkan dalam perangkat lunak BIM untuk memastikan persyaratan knalpot dan kebakaran dieksekusi dengan benar untuk clearance maksimum. Konsultan lain, seperti pencahayaan, lansekap dan seniman lokal, juga berpartisipasi dalam pertemuan on-site dan online secara reguler selama proses setahun.

Proses desain di Shanghai dimulai pada November 2021, sementara konstruksi di Shenzhen dimulai pada April 2022. Proyek ini selesai dan dibuka untuk umum pada November 2022. Sebagai bagian dari penelitian, tim memahami kebiasaan kuliner dan preferensi gaya masyarakat Shenzhen yang dikenal dengan masakan Cina selatan. Konsep Stonesal kemudian diciptakan di mana kreasi kuliner kreatif chef dan estetika desain avant-garde datang bersama untuk pengalaman yang mempesona bagi semua indera.

Untuk mencapai ekspresi kustom dan otentik dari berbagai instalasi dan material, banyak potongan dan patung memerlukan teknik manufaktur khusus di berbagai pabrik di seluruh negeri. Namun, pembatasan perjalanan dan lockdown menyebabkan keterlambatan untuk semua proses manufaktur dan transportasi. Meskipun panggilan video online selama supervisi konstruksi dilakukan setiap minggu, kemajuan on-site juga terpengaruh secara signifikan selama 7 bulan konstruksi.

Stonesal, dengan desain unik dan inovatifnya, berhasil meraih penghargaan Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Jeffrey Zee
Kredit Gambar: Jeffrey Zee
Anggota Tim Proyek: Jeffrey Zee
Nama Proyek: Stonesal
Klien Proyek: Jeffrey Zee


Stonesal IMG #2
Stonesal IMG #3
Stonesal IMG #4
Stonesal IMG #5
Stonesal IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang