Ajinomoto Cec: Membawa Pengalaman Interaktif ke Pusat Layanan Pelanggan

Menghadirkan Desain Inovatif dan Teknologi Canggih

Ajinomoto Malaysia Berhad baru-baru ini membuka pabrik baru mereka di Bandar Enstek Halal Hub, Negeri Sembilan, seiring dengan peringatan 60 tahun kehadiran mereka di Malaysia. Dalam rangka memperkenalkan citra merek yang baru kepada publik, mereka juga membangun pusat layanan pelanggan yang inovatif, dikenal sebagai Ajinomoto Cec (Customer Engagement Centre). Pabrik baru ini merupakan pabrik pintar yang telah mendapatkan sertifikasi Green Building. Teknologi canggih yang mengoptimalkan operasi melalui otomatisasi dan digitalisasi diintegrasikan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Dalam mendesain Ajinomoto Cec, tim desain dari Stoked Associates menggabungkan esensi masa depan ke dalam kebutuhan gaya hidup sehari-hari. Pendekatan desain kami sejalan dengan visi Ajinomoto untuk menciptakan nilai bersama dengan pelanggan. Kami menciptakan beberapa ruang interaktif untuk melibatkan pengunjung, dimulai dari area penerimaan dengan dinding video LED besar yang dapat memukau pengunjung sebelum memasuki Infoseum. Proyeksi pemetaan dengan sistem suara diintegrasikan sebagai bagian dari perjalanan pengalaman pelanggan.

Ajinomoto Cec menawarkan perjalanan futuristik untuk mempresentasikan informasi korporat Ajinomoto. Pengunjung akan diajak melalui terowongan yang mengungkap sejarah Ajinomoto, layanan korporat, dan produk-produk mereka. Di studio memasak, pengunjung dapat berinteraksi langsung dan merasakan sendiri cita rasa Umami. Selain itu, kami juga menyediakan ruang presentasi dan laboratorium praktik untuk melengkapi pengalaman pelanggan yang komprehensif.

Desain Ajinomoto Cec memiliki dimensi 16880mm x 9500mm x 3200mm. Ruang ini didesain dengan garis bersih dan linear untuk mencerminkan fokus Ajinomoto pada visi dan misi mereka terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Informasi digital diperkenalkan melalui berbagai teknologi interaktif yang tertanam di dalam ruangan.

Proyek desain ini dimulai pada bulan Juli 2021 dan konstruksi selesai pada November 2022 di Bandar Enstek Halal Hub, Negeri Sembilan, Malaysia. Tim desain kami menghadapi beberapa tantangan, termasuk mempertimbangkan branding korporat, pengalaman pelanggan, dan aspek keamanan. Kami melakukan penelitian mendalam tentang sejarah Ajinomoto, produk dan teknologi mereka, serta metodologi yang diperlukan untuk menciptakan perjalanan pengalaman yang mulus bagi pengunjung. Melalui diskusi intensif dengan pemangku kepentingan dan unit bisnis Ajinomoto, kami berhasil mencapai hasil akhir yang mampu menampilkan semangat Ajinomoto kepada audiens mereka.

Desain Ajinomoto Cec telah memenangkan Penghargaan A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menghadirkan pengalaman dan kecerdikan yang otentik. Desain ini menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.

Ajinomoto Cec adalah bukti nyata komitmen Ajinomoto dalam menciptakan nilai baru, meningkatkan kehidupan, dan memberikan kontribusi sosial. Dengan desain yang efektif, dapat diandalkan, dan mampu menghubungkan serta meningkatkan pengalaman, Ajinomoto Cec menjadi wujud nyata dari semangat Ajinomoto dalam meraih prestasi yang luar biasa. Ajinomoto Cec adalah tempat yang menggabungkan teknologi canggih dengan desain yang inovatif, menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Stoked Associates, Okamura International
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Bricksbegin, Ajinomoto Customer Engagement Centre, 2022 Image #2: Photographer Bricksbegin, Ajinomoto Customer Engagement Centre, 2022 Image #3: Photographer Bricksbegin, Ajinomoto Customer Engagement Centre, 2022 Image #4: Photographer Bricksbegin, Ajinomoto Customer Engagement Centre, 2022 Image #5: Photographer Bricksbegin, Ajinomoto Customer Engagement Centre, 2022
Anggota Tim Proyek: Collaboration Partner: Okamura International Malaysia Sdn Bhd Project Director: Kathy Fong Project Lead: Stephanie Lew Project Manager: Fregen Lim Designer: Austin Lee 3D Visualizer: Jimmy
Nama Proyek: Ajinomoto Cec
Klien Proyek: Stoked Associates, Okamura International


Ajinomoto Cec IMG #2
Ajinomoto Cec IMG #3
Ajinomoto Cec IMG #4
Ajinomoto Cec IMG #5
Ajinomoto Cec IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang