Douyin: Membentuk Pengalaman Konsumsi Konten yang Unik melalui Aplikasi Desktop

Merancang Interaksi yang Memikat dengan Menggabungkan DNA Merek dan Karakteristik PC

Sebuah aplikasi desktop yang dirancang oleh Douyin Experience Design Center, memadukan merek Douyin dengan produk PC-end, menciptakan pengalaman konsumsi konten yang berbeda dan menarik.

Desain aplikasi desktop Douyin lahir dari dua kata kunci penting: merek Douyin dan produk PC-end. Tujuan utama dari pembangunan produk ini adalah untuk menciptakan desain pengalaman yang tidak hanya memiliki DNA merek Douyin, tetapi juga sesuai dengan karakteristik perangkat PC, menjadikan Douyin PC lebih unik dibandingkan produk lainnya.

Douyin PC mencakup aplikasi web dan desktop. Dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna komputer untuk konsumsi layar besar dalam skenario seperti rumah & waktu luang dan di luar jam kerja. Aplikasi ini menyediakan saluran yang direkomendasikan, siaran langsung, belanja, pengalaman interaksi pesan pribadi, dan lainnya. Tujuannya adalah agar Douyin PC menjadi pilihan pertama pengguna ketika menemukan dan mengkonsumsi konten di komputer. Kontennya kaya dan beragam, dan produknya mampu memenuhi kebutuhan yang beragam.

Dalam fase penelitian pengguna, Douyin Experience Design Center menggunakan alat kualitatif dan kuantitatif seperti wawancara pengguna, analisis produk kompetitif, dan analisis data untuk menambang dan menganalisis kebutuhan pengguna. Dalam fase desain, mereka menggunakan Figma, Adobe After Effect, dan Principle untuk merancang aplikasi desktop dan antarmuka pengguna ini, serta membangun sistem desain yang unik. Di tahap peluncuran produk, mereka terus menganalisis dan memverifikasi melalui tes AB, melakukan iterasi produk melalui umpan balik data, dan memberikan pengguna pengalaman konsumsi konten terbaik melalui algoritma rekomendasi yang akurat.

Aplikasi ini dirancang untuk semua ukuran desktop MacOS dan Windows, dan mengadopsi desain adaptif. Navigasi kiri menyediakan lebih banyak saluran vertikal, dan halaman yang direkomendasikan dibuka secara default. Pengguna dapat menggulir mouse untuk mengganti video, menggunakan tombol pintas untuk menyukai dan mem-bookmark, dan juga berbelanja sambil menonton video. Memberikan hadiah sambil menonton siaran langsung juga sangat mudah.

Proyek ini diluncurkan di China pada Juni 2021, dengan versi web Douyin diluncurkan. Aplikasi Windows diluncurkan pada Januari 2022, dan aplikasi Mac diluncurkan pada Juni 2022. Ini adalah proses yang berkelanjutan dengan pembaruan tergantung pada kebutuhan baru.

Douyin PC menunjukkan pengalaman interaktif yang khas dalam konsumsi dan penyiaran video. Menonton video di sisi kiri panel laci dan memilih konten terkait di sisi kanan dapat memberikan pengguna rasa kontrol. Menurut karakteristik operasi keyboard dan mouse, aplikasi ini menyediakan operasi yang lebih mudah dan cepat serta persepsi umpan balik yang lebih menonjol. Kesenangan pengalaman pengguna sangat penting bagi desainer, dan mereka mengambil estetika visual, kemudahan operasi, dan perendaman konsumen sebagai prinsip desain produk untuk membimbing mereka membuat desain yang lebih baik.

Desain ini telah memenangkan Silver dalam A' Interface, Interaction and User Experience Design Award pada tahun 2023. Silver A' Design Award diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Douyin Experience Design Center
Kredit Gambar: Pictures and videos are from the free resource website: http://pixabay.com/zh/
Anggota Tim Proyek: Sainan Guan Di Chen Wen Nie Zetao Guo Siyuan Ren
Nama Proyek: Douyin
Klien Proyek: Douyin Experience Design Center


Douyin IMG #2
Douyin IMG #3
Douyin IMG #4
Douyin IMG #5
Douyin IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang