Shochu X: Membangun Jembatan Budaya Melalui Desain Botol

Desain Botol Shochu X: Menggabungkan Estetika Timur dan Barat dalam Satu Genggaman

Shochu X, sebuah merek minuman keras tradisional Jepang, telah menciptakan nilai baru dari perspektif modern melalui desain botolnya yang unik. Dengan menggabungkan bentuk botol dan label yang biasa digunakan untuk minuman keras Barat dengan desain grafis bergaya Jepang dan estetika minimalis, Shochu X berhasil menciptakan simbol dari fusi budaya Timur dan Barat.

Shochu adalah minuman keras yang didistilasi, mirip dengan wiski, tetapi dapat dibuat dari bahan-bahan seperti beras, ubi jalar, gula merah, serta jelai. Setelah memproduksi shochu mentah melalui distilasi tunggal, minuman ini dapat disimpan dalam botol keramik, tangki enamel, atau tong kayu selama waktu yang lama. Seperti wiski, shochu yang berbeda terkadang dicampur untuk menciptakan rasa yang kompleks dan beragam. Untuk mencocokkan keragaman produk, desain yang berbeda diterapkan pada setiap rasa.

Desain botol Shochu X ini merupakan bagian dari upaya rebranding perusahaan. Fokus utama dalam proses desain ini adalah fakta bahwa merek ini tidak hanya menawarkan nilai minuman keras, tetapi juga menempatkan pentingnya hubungan dengan budaya makanan dan gaya hidup. Botol ini memiliki ukuran Φ85mm, H175mm, dan dilengkapi dengan label yang menampilkan pola bergaya Jepang dan estetika minimalis.

Desain ini merupakan hasil kerja tim yang dipimpin oleh Kota Sagae dari Saga Inc. Selain sebagai direktur kreatif, Sagae juga bertindak sebagai direktur seni dan desainer dalam proyek ini. Keisuke Hashimoto bertindak sebagai pembuat, sementara Daiki Okabe sebagai direktur pemasaran dan Miwa Nishii sebagai manajer produksi.

Desain botol Shochu X ini telah mendapatkan penghargaan Golden A' Packaging Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menetapkan tren yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Produk dan ide cerdas yang mendorong seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan terhadap dunia dengan karakteristik yang diinginkan.

Desain botol Shochu X ini bukan hanya sekedar wadah untuk minuman keras. Lebih dari itu, botol ini adalah simbol dari perpaduan budaya Timur dan Barat, serta kebahagiaan global yang tercipta melalui hubungan sosial yang dibangun oleh minuman ini. Dengan desain yang unik dan berkelas, Shochu X berhasil membawa nilai-nilai budaya dan gaya hidup ke dalam genggaman tangan konsumen.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Kota Sagae
Kredit Gambar: Saga inc.
Anggota Tim Proyek: Creative Director:Kota Sagae Art Director:Kota Sagae Designer:Kota Sagae Creater:Keisuke Hashimoto Marketing Director:Daiki Okabe Production Maneger:Miwa Nishii
Nama Proyek: Shochu X
Klien Proyek: Kota Sagae


Shochu X IMG #2
Shochu X IMG #3
Shochu X IMG #4
Shochu X IMG #5
Shochu X IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang