Smritivan: Sebuah Monumen Peringatan dan Museum Gempa Bumi Terbesar di India

Perpaduan Antara Seni, Teknologi, dan Kekuatan Manusia dalam Menghadapi Bencana

Smritivan, sebuah monumen peringatan dan museum gempa bumi terbesar di India, merupakan simbol kekuatan manusia dalam menghadapi bencana. Dibuat oleh Siddharth Bathla dan timnya, museum ini menggabungkan seni, teknologi, dan cerita inspiratif dari korban gempa bumi Gujarat 2001.

Terinspirasi oleh budaya Kutch yang unik dan bersemangat di India barat, Smritivan mencerminkan ketahanan manusia yang abadi. Museum ini menggambarkan pemulihan cepat daerah tersebut pasca-gempa 2001 melalui kisah-kisah manusia yang dapat dihubungkan secara universal. Desain konten, skenografi, dan instalasi didasarkan pada dan muncul dari tradisi dan kerajinan lokal yang kaya di daerah Kutch.

Smritivan menonjol dengan cerita-cerita tentang gempa bumi 2001 yang menghancurkan, yang ditenun ke dalam filosofi ruang. Metafora ketahanan dan perubahan konstan disajikan di tujuh blok tematik. Dengan desain yang dibuat bersama oleh pengrajin ahli, kerajinan lokal yang berwarna-warni menciptakan skenografi. Simulator gempa skala besar, penghormatan digital, dan cerita pribadi membawa koneksi emosional.

Semua instalasi dan elemen naratif dibuat khusus dan diproduksi di India, mengikuti eksperimen dan prototipe iteratif. Pendekatan baru dalam memproses sumber daya lokal diterapkan untuk menciptakan ruang pamer yang berakar pada konteks. Pengrajin lokal diberi tugas untuk menciptakan karya seni berbasis naratif terbesar dalam repertoar mereka. Bahan-bahan kontekstual seperti tekstil tenun, dalam sinergi dengan bahan tahan lama seperti baja, menciptakan perpaduan ekspresi lokal dan global.

Bagian integral dari monumen, museum ini menyebar lebih dari 9200 meter persegi pengalaman dalam ruangan dan luar ruangan di bukit Bhujio-Dungar. Ruang pamer dibagi menjadi tujuh blok, yang lebih lanjut dibagi menjadi 27 galeri. Setiap galeri rata-rata memiliki lebar 8 meter, panjang 12 meter, dan tinggi 4,5 meter. Museum ini juga memiliki fasilitas lain seperti perpustakaan, toko, kafe, auditorium, area bermain, dan ruang pameran sementara.

Sejak pembukaannya, museum ini menerima rata-rata kunjungan turis asing dan penduduk lokal lebih dari 100.000 setiap kuartal. Setiap pengunjung menambahkan bagian dari diri mereka ke museum melalui penghormatan digital untuk korban gempa, yang dikumpulkan menjadi sorotan cahaya yang cerah. Biennale desain pertama India tentang "seni bercerita" baru-baru ini diadakan di sini.

Smritivan, museum peringatan terbesar di India, adalah bukti hidup ketahanan manusia dan perubahan konstan. Perjalanan pengalaman sepanjang pembelajaran dan kenangan dari gempa bumi Gujarat 2001 yang menghancurkan. Dengan lebih dari 100 pameran dalam 7 blok tematik, Smritivan disajikan sebagai pertemuan kerajinan lokal dalam bahasa desain kontemporer. Pengalaman berlapis dari konten ilmiah pendidikan hingga cerita pribadi yang sensitif menciptakan kesan yang tak terlupakan.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan luar biasa yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SIDDHARTH BATHLA
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Bharat Aggarwal, Smritivan, 2022. Optional Image #1: Photographer Bharat Aggarwal, Smritivan, 2022. Optional Image #2: Photographer Bharat Aggarwal, Smritivan, 2022. Optional Image #3: Illustrator Masood Khan, Smritivan, 2022. Optional Image #4: Photographer Bharat Aggarwal, Smritivan, 2022. Video Credits: Cinematographer Sohaib Ilyas, Smritivan, 2022. Sound Credits: ANBR - Stars, Ardie Son - Come back home, Ardie Son - Tonight is Golden, Smritivan, 2022.
Anggota Tim Proyek: Creative Director: Siddharth Bathla Design Director: Prashasti Chandra Visual Design: Masood Khan Installation, Scenography: Suryanath Sunny Research,Content: Niharika Joshi Architect: Prashul Sharma Special Artist: Mukul Goyal- Sculptor Special Artist: Vankar Vishram Valji - (weaver shyamjibhai)- weaving Special Artist: Dr. Ismail Khatri- block printing Special Artist: Mukesh Bhanani- kala Raksha Special Artist: Gafur Khatri- Rogan art Special Artist: Paresh Khamir- lacquered artwork
Nama Proyek: Smritivan
Klien Proyek: SIDDHARTH BATHLA


Smritivan IMG #2
Smritivan IMG #3
Smritivan IMG #4
Smritivan IMG #5
Smritivan IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang