Desain Ruang Kantor Inovatif: The Floating Ribbon oleh MAIA - MAI Atelier Limited

Meredefinisi Ruang Kerja dengan Desain yang Menginspirasi dan Mendorong Kolaborasi

MAIA - MAI Atelier Limited, sebuah tim desainer terkemuka, telah menciptakan sebuah konsep ruang kantor yang revolusioner bernama "The Floating Ribbon". Desain ini menggabungkan estetika industri dan kontemporer, menciptakan ruang kerja yang mendorong kolaborasi dan kreativitas.

Terletak di tepi air dalam sebuah gedung gudang, desain ini merespon permintaan untuk memiliki lima tim yang berbagi ruang berbentuk persegi panjang industri di bawah satu atap unik yang disebut "Floating Ribbon". Bentuknya mencerminkan bisnis pelabuhan dan budaya laut. Alih-alih organisasi departemen dalam kantor tradisional, desain ini mengubahnya menjadi rencana terbuka yang kolaboratif, menyatukan berbagai ruang komunal menjadi satu ruang organik yang berkelanjutan untuk mendorong interaksi dan kreativitas sehari-hari.

Ruang ini dirancang untuk menjadi pusat manajemen HQ yang mengoperasikan pelabuhan di seluruh dunia di lima benua. Desain ini membawa lima tim untuk berbagi ruang gudang linear secara organik di bawah "Floating Ribbon". Berfungsi sebagai definisi spasial, desain ini menyatukan semua ruang komunal dan menghubungkan tim secara strategis. Desain ini mendorong anggota tim untuk berbagi ide dan mendorong kolaborasi setiap saat. Di era pasca pandemi COVID-19, identitas kuat ini memberikan peran penting pada ruang komunal dalam membangun kembali hubungan antar anggota tim.

Desain ini menggunakan teknologi realisasi yang canggih. "Floating Ribbon" dengan baik mendefinisikan Zona Publik dan Zona Kerja dengan menyemprotkan cat terbuka dalam dua warna - biru laut untuk ruang komunal yang berkelanjutan dan abu-abu gelap untuk ruang kerja generik, identitas lebih ditingkatkan.

Desain ini adalah campuran estetika komersial kontemporer dan suasana industri yang diwariskan dari terminal pelabuhan, yang mencerminkan dengan baik budaya perusahaan global internasional. Proyek ini dimulai pada September 2021 dan selesai pada Maret 2022.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang memperlihatkan pengalaman dan keterampilan kreatif. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: MAIA Mai Atelier Limited
Kredit Gambar: MAIA Mai Atelier Limited
Anggota Tim Proyek: Brian Y.C. Fok Henrique W. Chan Cecily S.Y. Ngai
Nama Proyek: The Floating Ribbon
Klien Proyek: MAIA Mai Atelier Limited


The Floating Ribbon IMG #2
The Floating Ribbon IMG #3
The Floating Ribbon IMG #4
The Floating Ribbon IMG #5
The Floating Ribbon IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang