Desain Identitas Perusahaan Sparrow oleh Hiroshi Kurisaki

Desain Unik yang Menggabungkan Seni dan Nilai-nilai Perusahaan

Pendahuluan

Desain identitas perusahaan merupakan elemen penting dalam membangun citra dan reputasi sebuah perusahaan. Hiroshi Kurisaki, seorang desainer ternama, telah menciptakan identitas merek yang unik dan menarik untuk SPARROW, sebuah perusahaan produksi iklan yang berbasis di Tokyo.

Desain ini menampilkan burung gereja, yang menjadi asal-usul nama perusahaan, dengan pohon pinus sebagai simbol. Ide ini berasal dari cerita tentang pohon pinus yang melindungi burung gereja dari segala bahaya, yang menginspirasi pendiri perusahaan. Desain ini mewakili harapan bahwa perusahaan baru ini akan dilindungi dari kesulitan dan terus maju dengan mantap.

Untuk menciptakan set pohon pinus yang khas, Hiroshi Kurisaki mengundang seorang seniman penata bunga untuk merangkai set seni yang menciptakan pandangan dunia yang unik. Visual utama diumumkan di situs web dengan resolusi 1980 x 1080px dan juga dicetak pada kertas berukuran A3.

Desain ini tidak hanya menggunakan CG atau sintesis, tetapi juga pohon pinus asli yang dipilih oleh seniman penata bunga dan model realistis dari burung gereja, memberikan adegan dengan rasa realisme. Proyek ini dimulai di Tokyo pada musim panas 2021 dan memakan waktu sekitar dua bulan dari proses sketsa hingga pemotretan.

Penelitian dimulai dengan memahami cerita pendirian merek. Setelah itu, fokus pada burung gereja, Hiroshi Kurisaki menganalisis berbagai foto burung gereja, memeriksa apakah lebih baik untuk hanya memasukkan wajah atau seluruh tubuh, dan memverifikasi penampilan pose lebih spesifik, dan lebih lanjut divisualisasikan melalui sketsa.

Salah satu tantangan dalam desain ini adalah menggunakan burung gereja sebagai visual utama, dan mencari nada yang tidak terlihat terlalu lucu. Karena perusahaan ini menghadapi lebih banyak tantangan, nada desain ditujukan untuk nada yang kuat dan serius yang menyampaikan tantangan kami.

Sebagai hasil dari branding, perusahaan ini telah berhasil menarik karyawan yang lebih muda dan berbakat, dan memiliki kantor di Shibuya, tempat informasi terkini Jepang berkumpul. Set unik yang menggunakan pinus sangat menantang. Selain itu, titik unik lainnya dari pemotretan adalah partisipasi seorang seniman yang merangkai set pinus.

Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: HIROSHI KURISAKI
Kredit Gambar: Photo By Bird And Insect Ltd.
Anggota Tim Proyek: HIROSHI KURISAKI
Nama Proyek: Sparrow Branding
Klien Proyek: HIROSHI KURISAKI


Sparrow Branding IMG #2
Sparrow Branding IMG #3
Sparrow Branding IMG #4
Sparrow Branding IMG #5
Sparrow Branding IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang