Acorn Light System: Solusi Penerangan Berkelanjutan yang Mengagumkan

Desain Lampu Inovatif oleh Desislava Sredkova

Seperti kebanyakan anak-anak, saya sering bermain dengan cahaya dan cermin saat kecil, dan kenangan masa kecil itu menginspirasi saya untuk menciptakan produk ini. Di dunia saat ini, konservasi energi semakin penting, yang secara alami mendorong saya untuk mencari cara agar cahaya tambahan dapat masuk ke rumah dan tempat kerja kita tanpa mengkonsumsi lebih banyak listrik. Tujuan saya adalah menemukan solusi yang alami dan berkelanjutan untuk masalah ini.

Acorn adalah konsep sistem pencahayaan berkelanjutan yang memanfaatkan cahaya matahari alami. Sisi belakang setiap daun, lingkaran, atau oval yang diterangi LED dilapisi dengan cermin, yang menangkap sinar matahari siang hari dan memantulkannya lebih dalam ke dalam ruangan, meningkatkan jumlah cahaya alami di dalam ruangan. Pada malam hari, cermin dapat memantulkan sumber cahaya tunggal yang dipasang di langit-langit, meningkatkan kecerahannya untuk solusi pencahayaan yang lebih berkelanjutan. Selain itu, produk dari sistem Acorn dapat digunakan sebagai lampu biasa.

Teknologi yang digunakan untuk menciptakan lampu ini sangat sederhana - tabung logam yang melekat pada tubuh logam yang diterangi dengan panel LED. Namun, yang membedakan lampu ini adalah cermin akrilik yang dipasang di bagian belakang permukaan yang diterangi LED. Perlakuan ini sederhana namun efektif, dan membuat perbedaan yang signifikan dalam kinerja lampu.

Acorn adalah sistem pencahayaan yang terdiri dari lampu berdiri bebas, lampu meja, lampu dinding, dan lampu langit-langit. Setiap produk Acorn dapat disesuaikan dengan menciptakan kombinasi berbeda dari tiga bentuk dasar dari lampu - lingkaran, oval, dan daun. Setiap bentuk memiliki tiga ukuran yang berbeda, dan lampu itu sendiri dapat diputar di sekitar sumbunya untuk penyesuaian yang lebih baik dan untuk menangkap sinar matahari. Tergantung pada posisi, lampu juga dapat berfungsi sebagai cermin yang diterangi dari belakang.

Proyek ini dimulai pada Oktober 2022 dan selesai pada Januari 2023 di Sofia, Bulgaria. Penelitian untuk produk ini difokuskan pada dua kelompok utama: orang yang tinggal di rumah abad ke-20 di mana jendela yang lebih kecil membatasi jumlah cahaya alami yang masuk ke ruang, dan orang yang tinggal di rumah kontemporer dengan jendela yang lebih lebar namun ruangan yang lebih dalam, yang dapat menghasilkan interior yang gelap. Dalam kedua kasus tersebut, campuran cahaya buatan dan alami seringkali diperlukan selama siang hari. Hal ini tidak hanya tidak sehat untuk mata dan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan konsumsi listrik yang tidak perlu.

Tantangan utama dari proyek ini adalah memberikan peran kedua pada objek sehari-hari yang ada di rumah setiap orang. Acorn mencapai hal ini dengan menambahkan cermin pada lampu, memberikan peningkatan cahaya matahari di dalam ruangan dan memperkuat sumber cahaya tunggal untuk menghemat energi pada malam hari.

Acorn adalah sistem pencahayaan lampu berkelanjutan yang memanfaatkan cahaya matahari. Setiap lampu dilapisi dengan cermin di sisi belakangnya. Siang hari, cermin menangkap sinar matahari dan memantulkannya lebih dalam ke dalam ruangan, meningkatkan cahaya alami di dalam ruangan dengan cara yang alami. Pada malam hari, cermin dapat memantulkan sumber cahaya tunggal yang dipasang di langit-langit dan memperkuat kekuatannya untuk pendekatan berkelanjutan lainnya atau berfungsi sebagai lampu biasa. Sistem ini terdiri dari lampu dinding, langit-langit, berdiri bebas, dan meja. Setiap lampu dapat dimodifikasi dengan mengombinasikan bentuk-bentuk yang berbeda dari lampu.

Acorn Light System telah dianugerahi Iron A' Design Award dalam kategori A' Lighting Products and Fixtures Design Award 2023. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Desislava Sredkova
Kredit Gambar: Main Image: Designer Desislava Sredkova Optional Image #1: Designer Desislava Sredkova Optional Image #2: Designer Desislava Sredkova Optional Image #3: Designer Desislava Sredkova Optional Image #4: Designer Desislava Sredkova
Anggota Tim Proyek: Desislava Sredkova
Nama Proyek: Acorn Light System
Klien Proyek: Desislava Sredkova


Acorn Light System IMG #2
Acorn Light System IMG #3
Acorn Light System IMG #4
Acorn Light System IMG #5
Acorn Light System IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang