Literkolekcja: Menghidupkan Tipografi Melalui Fotografi

Aleksandra Toborowicz Membawa Seni Huruf ke Publik Melalui Proyek Fotografi Uniknya

Sebuah proyek yang menggabungkan seni dan teknologi untuk menghadirkan tipografi dalam bentuk yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Proyek "Literkolekcja" adalah manifestasi berbagai bentuk ekspresi huruf di ruang publik: lettering, tipografi, dan kaligrafi. Mulai dari tanda jalan, seni jalanan, hingga desain huruf dan tipografi dalam desain industri, iklan, dan identifikasi visual. Semua ini didokumentasikan oleh Aleksandra Toborowicz selama dekade terakhir, terutama menggunakan ponsel, di berbagai tempat di seluruh dunia dalam berbagai keadaan alam.

Foto-foto dalam proyek ini sengaja dibuat mentah dalam ekspresi, tanpa estetika buatan. Koleksi dokumentasi fotografi yang terus bertambah saat ini mencakup sekitar 800 foto yang diambil di berbagai belahan dunia. Contoh lettering berasal terutama dari Polandia dan Eropa, tetapi juga dari negara-negara Arab. Toborowicz mendokumentasikan semua manifestasi tipografi dalam berbagai budaya dunia - dari desain grafis profesional hingga kombinasi acak. Foto-foto tersebut dan penataan yang tepat menciptakan sebuah cerita, narasi.

Salah satu keunikan dari proyek ini adalah penutup buku, di mana terdapat daftar isi yang melewati tulang buku dan melampaui bleed. Teks mereproduksi tulisan pada foto dengan semua kesalahan. Teks juga sengaja diaduk, yang mencerminkan sifat ketidaksempurnaan tipografi foto.

Proyek ini diwujudkan melalui teknologi Swiss binding yang memungkinkan album dapat dibuka datar, memudahkan penerimaan foto. Album ini berisi 383 foto dengan total 416 halaman dan berformat 16,5 x 16,5 cm. Dicetak oleh Drukarnia Petit dan diterbitkan oleh Wydawnictwo ASP di Krakow.

Salah satu aspek penting dari proyek ini adalah keinginan untuk berbagi bentuk karakter-huruf yang didokumentasikan dalam berbagai budaya dunia. Tujuannya adalah untuk menginspirasi siswa seni dan desain grafis serta desainer typeface yang mungkin akan menciptakan typeface baru berdasarkan foto-foto ini. Proyek ini telah memenangkan Iron A' Print and Published Media Design Award pada tahun 2023, sebuah penghargaan yang diberikan untuk karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri.

Proyek "Literkolekcja" adalah contoh sempurna bagaimana seni dan teknologi dapat digabungkan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan menarik. Dengan menggabungkan fotografi dan tipografi, Aleksandra Toborowicz telah menciptakan sebuah karya yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan wawasan baru tentang bagaimana huruf dan kata dapat digunakan dan ditampilkan dalam berbagai budaya dan lingkungan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aleksandra Toborowicz
Kredit Gambar: photos of album: Grzegorz Kwiek
Anggota Tim Proyek: Aleksandra Toborowicz
Nama Proyek: Literkolekcja
Klien Proyek: Aleksandra Toborowicz


Literkolekcja IMG #2
Literkolekcja IMG #3
Literkolekcja IMG #4
Literkolekcja IMG #5
Literkolekcja IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang