Morigo Seiki: Desain Kantor yang Menginspirasi

Desain Kantor yang Mengutamakan Efisiensi dan Kreativitas

Sebuah kantor yang dirancang dengan baik dapat memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan dan kesejahteraan karyawan. Desain kantor yang menarik dan fungsional dapat memotivasi karyawan dan menciptakan kesan positif bagi dunia luar.

Salah satu contoh desain kantor yang mengesankan adalah Morigo Seiki, yang dirancang oleh Shunsuke Ohe. Morigo Seiki adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam desain dan manufaktur mesin presisi. Karyawan perusahaan ini menggunakan komputer untuk menggambar gambar yang sangat detail setiap hari. Oleh karena itu, ruang kerja mereka perlu dirancang agar karyawan dapat dengan mudah fokus pada pekerjaan mereka.

Desain Morigo Seiki memperhatikan berbagai aspek, mulai dari perencanaan alur kerja, pencahayaan, pewarnaan interior, hingga perencanaan dimensi meja dan lorong. Ruang kerja yang luas tanpa batas antara kursi, ruang rapat dengan dinding kedap suara, ruang pertemuan terbuka, dan area istirahat dengan meja kafe dan bangku diposisikan dengan efisien dan tanpa pemborosan. Keseluruhan ruang diberi sentuhan warna hitam dan abu-abu, menciptakan kesan keseluruhan yang keren.

Salah satu tantangan dalam desain ini adalah menciptakan ruang rapat yang berbeda, yaitu tipe terbuka tanpa dinding partisi dan tipe ruangan yang tertutup oleh dinding kedap suara. Bagian atas dinding tipe ruangan menggunakan kaca kedap suara, dan langit-langit terhubung secara visual dengan luar ruangan, memberikan kesan bahwa ruangan tersebut bukan ruang tertutup yang terisolasi.

Morigo Seiki juga dilengkapi dengan area istirahat yang terdiri dari meja kafe dan bangku untuk istirahat yang nyaman. Elemen-elemen ini disusun dengan sempurna, menciptakan keseimbangan yang indah antara pekerjaan dan istirahat.

Desain ini juga memperhatikan penggunaan warna yang tepat. Warna dasar yang digunakan adalah abu-abu dan hitam dengan aksen kayu, menciptakan ruang yang keren namun hangat. Di kontras dengan itu, lantai zona publik, termasuk meja kafe dan ruang pertemuan terbuka, dilapisi dengan ubin PVC. Lantai ini disesuaikan dengan karakteristik masing-masing ruang.

Proyek Morigo Seiki berlangsung dari Januari 2022 hingga Maret 2022 di Hyogo, Jepang. Desain interior ditangani oleh LUSTYdesign Inc. dan fotografi oleh TETSURO GOTO oleh ISOLA Inc.

Desain Morigo Seiki telah diakui dengan penghargaan bergengsi, yaitu Bronze A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi. Desain ini tidak hanya menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SHUNSUKE OHE
Kredit Gambar: Photograph : TETSURO GOTO by ISOLA Inc.
Anggota Tim Proyek: SHUNSUKE OHE
Nama Proyek: Morigo Seiki
Klien Proyek: SHUNSUKE OHE


Morigo Seiki IMG #2
Morigo Seiki IMG #3
Morigo Seiki IMG #4
Morigo Seiki IMG #5
Morigo Seiki IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang