Perpaduan Seni dan Olahraga: Karya Visual B. League All-Star Game 2023

Op Art dalam Basket: Inovasi Desain Masaki Oshiro dan Taro Nishimaki

Menyelami inspirasi unik di balik desain visual B. League All-Star Game 2023 yang menggabungkan olahraga dan seni abstrak.

Perhelatan B. League All-Star Game 2023 tidak hanya menjadi ajang pertemuan para pemain basket terbaik di Jepang, tetapi juga memamerkan inovasi desain yang memukau. Masaki Oshiro dan Taro Nishimaki, sebagai desainer di balik karya ini, terinspirasi dari permainan papan Othello yang berasal dari Mito, kota penyelenggara acara. Mereka bertanya-tanya, bagaimana jika menciptakan visual yang dapat menggemparkan penonton All-Star Game dengan motif papan Othello berbentuk grid dan potongan lingkaran yang familiar bagi orang Jepang, dan menghasilkan representasi berputar dari bangunan warna-warni yang melambangkan Mito serta potret para pemain berdasarkan bentuk tersebut.

Kekuatan desain ini terletak pada aplikasi Op Art, seni lukis abstrak yang dirancang untuk menciptakan efek visual khusus. Setiap kotak menggambarkan citra visual yang berkaitan dengan basket atau bangunan dan landmark khas Mito. Animasi yang diciptakan begitu penuh gerakan sehingga mata penonton tidak dapat mengikutinya. Hal ini menarik penonton ke dalam pengalaman yang seru dan menyeluruh.

Kata kunci yang diberikan oleh desainer untuk desain ini meliputi BLEAGUE ALLSTAR, JAPAN BASKETBALL, ALLSTAR GAME in MITO, dan Basketball BLEAGUE, yang semuanya mencerminkan esensi dari proyek ini. Tim kreatif di balik desain ini dipimpin oleh Takashi Komori sebagai Direktur Kreatif, dengan dukungan dari Keiko Shibata dan Toshiyuki Fujii sebagai Chief Creative Officer, serta Mariko Yakita sebagai Produser.

Proyek desain ini dilaksanakan selama perhelatan B. League All-Star Game 2023 pada tanggal 13-14 Januari 2023, di Mito, Ibaraki, Jepang. Karya ini tidak hanya mencerminkan evolusi dramatis dalam level basket Jepang, tetapi juga meningkatnya permintaan terhadap kualitas seni kunci dan produksi venue yang berkualitas tinggi.

Karya ini telah mendapatkan pengakuan internasional dengan meraih Platinum dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2024. Penghargaan ini diberikan kepada desain-desain yang menunjukkan profesionalisme, kejeniusan, dan inovasi tingkat tinggi, serta memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Penghargaan ini merupakan simbol dari estetika yang mendefinisikan era, mendorong batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keunggulan yang melampaui dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: SonyMusic Solutions inc.
Kredit Gambar: SonyMusic Solutions inc.
Anggota Tim Proyek: Creative Director : Takashi Komori Creative Director : Masaki Oshiro Art Director : Taro Nishimaki Chief Creative Officer : Keiko Shibata Chief Creative Officer : Toshiyuki Fujii Producer : Mariko Yakita
Nama Proyek: B. League All-Star Game 2023
Klien Proyek: B.League


B. League All-Star Game 2023 IMG #2
B. League All-Star Game 2023 IMG #3
B. League All-Star Game 2023 IMG #4
B. League All-Star Game 2023 IMG #5
B. League All-Star Game 2023 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang