Harmoni Tiga Generasi: Karya Seni Hunian Modern Oriental

Integrasi Warisan Budaya dalam Desain Hunian oleh Hung-Sheng Chu dan Pei-Wen Hsu

Ketika tradisi bertemu inovasi, lahir sebuah mahakarya arsitektur yang merayakan keindahan estetika lintas generasi.

Di tengah perubahan zaman yang serba cepat, konsep 'keluarga besar' masih menjadi dambaan yang terjaga dalam budaya Tionghoa, simbol dari persatuan dan kelanjutan memori keluarga. Dari generasi tua hingga muda, setiap lapisan memiliki harapan yang berbeda terhadap estetika desain interior. Generasi tua mengidamkan ruang yang memancarkan estetika klasik Tiongkok, sementara generasi muda menginginkan kesederhanaan modernisme. Hung-Sheng Chu dan Pei-Wen Hsu, sebagai desainer, mengambil inspirasi dari konsep 'langit yang melingkupi bumi yang luas' untuk menghadirkan desain oriental yang elegan dengan garis minimalis, mendefinisikan ulang hunian oriental modern.

Memasuki area foyer, lantai marmer menyambut dengan gambar lingkaran, peony, ikan, dan alga, melambangkan kemakmuran dan harmoni yang diupayakan oleh para sarjana Tiongkok. Dinding dihiasi dengan hiasan emas yang warna-warni untuk mensimbolkan jeruji jendela Tiongkok, yang terextend hingga garis kayu di langit-langit area sosial, dan meja bundar kenari di ruang makan, merepresentasikan 'kesatuan' keluarga. Elemen Oriental ini menerjemahkan estetika tradisional dengan garis minimalis modern, dan siluetnya digambarkan dengan logam berlapis titanium.

Teknologi realisasi desain ini merupakan perpaduan antara Timur dan Barat. Meja bundar klasik Tiongkok dan langit-langitnya terbuat dari kayu kenari, simbol kemakmuran, yang menampilkan tampilan klasik dan vintage dari budaya Tiongkok. Langit-langit dan tepi ruangan dibalut dengan garis hitam dan pelapisan titanium, sementara dinding cetakan besi matte hitam dipadukan dengan lampu kristal. Tim desain menggunakan material modern untuk mendekorasi esensi gaya Tiongkok, menyampaikan gaya oriental modern dengan sentuhan humanis.

Proyek ini berlokasi di lahan seluas 301 meter persegi yang terdiri dari dua unit di lantai yang sama. Tim desain mengintegrasikan ruang tamu dan ruang makan dari kedua unit untuk memperluas area sosial. Untuk membuat ruang tamu tampak lebih luas, hiasan langit-langit memperpanjang pusat visual ke kanan untuk memperbesar ruang tamu. Dinding TV melintasi koridor ke kanan dan kemudian memanjang membentuk sumbu panjang, menampilkan efek visual perluasan horizontal kiri dan kanan.

Proyek yang diselesaikan pada Maret 2023 di Taiwan ini merupakan hasil dari penelitian mendalam tentang kebutuhan estetik keluarga lintas generasi. Nama proyek, 'Antara Tiga Generasi', berasal dari rentang usia anggota keluarga. Generasi tua menginginkan rumah yang menampilkan keindahan klasik gaya Tiongkok, sementara generasi muda mengharapkan tampilan yang modern dan bergaya. Tim desain menemukan keseimbangan antara lama dan baru, estetika tradisional dan modern. Material bangunan, warna, dan desain sesuai dengan estetika setiap anggota keluarga, menciptakan rumah hangat untuk keluarga besar.

Proyek ini berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian dalam mewujudkan desain yang memenuhi harapan estetik setiap anggota keluarga. Para lansia lebih menyukai gaya oriental yang tradisional namun tidak rumit, sementara orang-orang paruh baya lebih menyukai gaya minimalis dan modern. Untuk mencapai desain yang memuaskan ketiga generasi, desainer mengambil esensi dari gaya Tiongkok dan modern serta melihat proyek dari perspektif ketiga generasi tersebut, memuaskan mereka yang menyukai gaya modern dan mereka yang menyukai gaya Tiongkok.

Konsep Keluarga Besar adalah koneksi keluarga tradisional Tiongkok. Menanggapi preferensi estetika tiga generasi, tim desain menggabungkan elemen klasik Tiongkok dalam dasar minimalis modern. Garis minimalis yang elegan menciptakan keseimbangan sempurna antara kesederhanaan dan kompleksitas. Dinding TV terbuat dari marmer Patek Philippe, biru tua yang terlihat seperti langit berbintang dengan sentuhan emas. Langit-langit dan lantai diperluas secara horizontal dengan logam matte untuk meningkatkan lebar sisi kiri dan kanan serta dipadukan dengan kayu dan pelapisan titanium.

Desain ini telah diakui dengan penghargaan Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2024, sebuah pengakuan atas desain yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi kebutuhan profesional dan industri. Penghargaan Iron A' Design Award merupakan penghormatan bagi karya yang mengintegrasikan praktik industri terbaik dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: GT-SPACE INTERIOR DESIGN CO., LTD.
Kredit Gambar: GT-SPACE INTERIOR DESIGN CO., LTD.
Anggota Tim Proyek: Hung-Sheng Chu, Pei-Wen Hsu
Nama Proyek: In Generations
Klien Proyek: GT-SPACE INTERIOR DESIGN CO., LTD.


In Generations IMG #2
In Generations IMG #3
In Generations IMG #4
In Generations IMG #5
In Generations IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang